IMPLEMENTASI KAMPANYE WONDERFUL INDONESIA PADA EVENT INTERNATIONALE TOURIMUS BORSE (ITB) DI BERLIN SEBAGAI BENTUK COUNTRY BRANDING PADA BIDANG PARIWISATA OLEH KEMENTERIAN PARIWISATA TAHUN 2017

RAMADHANI, WIDYA (2018) IMPLEMENTASI KAMPANYE WONDERFUL INDONESIA PADA EVENT INTERNATIONALE TOURIMUS BORSE (ITB) DI BERLIN SEBAGAI BENTUK COUNTRY BRANDING PADA BIDANG PARIWISATA OLEH KEMENTERIAN PARIWISATA TAHUN 2017. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. Abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. Surat Pernyataan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pangantar.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar table.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRACT This Research Describes "Wonderful Indonesia" Campaign Implementation At Internationale Tourimus Borse (ITB) Event In Berlin As A Country Branding In The Field Of Tourism By The Tourism Ministry In 2017. The campaign is meant to communicate country branding and Indonesian tourism abroad. This event is a top priority of Ministry of Tourism (Kemenpar) which Indonesia can campaign for Indonesian wonderful to the 187 participating countries and event visitors. Theories used are communication, organizational communication, public relations, implementation, campaign, Government public relations, brand, country branding and destination brand. In this qualitative research, the type of research used is descriptive by using case study method. Data collection conducted is in-depth interviews with resource persons assessed to know directly the implementation of the campaign as well as literature study and documentation. The research results show the action and communication made by the tourism ministry by maximizing the campaign of cultural diversity through booths, dances, music, traditional clothes, tourism destinations, and typical Indonesian cuisine. The theme and message content of the campaign is maritime and cultural diversi- sion that is communicating the potential of Indonesia about maritime, culture, diversity and hospitality. In this case Kemenpar communicate through outdoor media, print media, electronic media, online media and social media and cooperation with the media of various German national media. ABSTRAK Penelitan ini mendeskripsikan Implementasi Kampanye “Wonderful Indonesia” Pada Event Internationale Tourimus Borse (ITB) Di Berlin Sebagai Bentuk Country Branding Pada Bidang Pariwisata Oleh Kementerian Pariwisata Tahun 2017. Kampanye tersebut dimaksudkan untuk mengkomunikasikan country branding dan pariwisata Indonesia ke mancanegara. Event ini merupakan prioritas utama Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dimana Indonesia dapat mengkampanyekan wonderful Indonesia kepada 187 negara peserta program dan pengunjung event tersebut. Teori-teori yang digunakan yaitu komunikasi, komunikasi organisasi, public relation, implementasi, kampanye, Government public relations, brand, country branding dan brand destinasi. Di dalam penelitian kualitatif ini, tipe penelitian yang digunakan deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam dengan narasumber yang dinilai mengetahui secara langsung implementasi kampanye tersebut serta studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan aksi dan komunikasi yang dilakukan kementerian pariwisata dengan memaksimalkan kampanye keragaman budaya melalui stan, tariantarian , musik,pakaian adat, destinasi pariwisatanya, dan kuliner khas Indonesia. Tema dan isi pesan dari kampanye tersebut adalah maritime and cultural diversiy yaitu mengkomunikasikan potensi Indonesia tentang kemaritiman, budaya, keberagaman dan keramah-tamahan. Dalam hal ini Kemenpar mengkomunikasikannya melalui media luar ruang, media cetak, media elektronik, media online dan sosial media serta kerja sama dengan media berbagai media national Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 18 031
NIM/NIDN Creators: 44214010076
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI, KAMPANYE, WONDERFUL INDONESIA, EVENT, PARIWISATA
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.5 Campaigns for Nominations/Kampanye
900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 900. Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 904 Adventure, Collected Accounts of Events/Petualangan, Kumpulan Peristiwa Tertentu
900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 900. Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 904 Adventure, Collected Accounts of Events/Petualangan, Kumpulan Peristiwa Tertentu > 904.7 Events Induced by Human Activity/Acara yang Diselenggarakan Manusia
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 28 Jul 2018 02:33
Last Modified: 17 Feb 2022 08:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43847

Actions (login required)

View Item View Item