FARADINA, ERLITA DEBBIE (2018) MITOLOGI HEBAT DALAM IKLAN SUSU SGM EKSPLOR VERSI BERDUA JADI HEBAT (Analisis Semiotika Terhadap Iklan TVC Susu SGM Eksplor Versi "Berdua Jadi Hebat"). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. Surat Pernyataan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
06. Lembar Pengesahan Perbaikan.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
07. Kata Pengantar.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
08. Daftar Isi.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
09. Daftar Tabel.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
10. Daftar Gambar.pdf Download (102kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11. Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
||
Text (BAB II)
12. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
||
Text (BAB III)
13. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
||
Text (BAB IV)
14. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
||
Text (BAB V)
15. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
Abstract
Salah satu produk yang sangat gencar intensitas kemunculan iklannya di media televisi adalah susu formula, dan yang masih aktif mengiklankan diri dan mampu bertahan sampai sekarang tetap dikenal masyarakat adalah susu formula SGM (Susu Gula Minyak). Dalam penelitian ini, subjek penelitian yang diambil adalah iklan susu SGM Eksplor versi “berdua jadi hebat”. SGM merupakan produk susu formula bayi yang diproduksi oleh PT. Sari Husada Tbk,. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes yakni suatu metode yang dikenal dengan kedalamannya dalam menganalisa tanda-tanda, simbolsimbol, dari tahap denotasi menjadi konotasi lalu dianalisa menurut mitos yang berkembang dimasyarakat sekitar dalam iklan susu SGM Eksplor versi “berdua jadi hebat”. Penelitian ini berfokus pada visual dan audio dari iklan susu SGM Eksplor versi “berdua jadi hebat”. Penelitian ini untuk mengetahui penanda dan petanda kategori hebat, makna pada iklan, mitos hebat dalam iklan susu SGM Eksplor versi “berdua jadi hebat”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Roland Barthes di mana Barthes menganalisis iklan berdasarkan pesan yang dikandungnya, bagaimana memaknai sebuah pesan iklan sebagai suatu bentuk komunikasi.Barthes menjelaskan dua tingkat dalam pertandaan yaitu denotasi (denotation) dan konotasi (connotation). Melalui penelitian ini ditemukan bahwa dalam Mitos “hebat” dalam “berdua jadi hebat” adalah suatu penggambaran dari makna yang dimanfaatkan pembuat iklan untuk mendapatkan keuntungan dari produk.
Actions (login required)
View Item |