PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF BERBASIS AUGMENTED REALITY BAGI ANAK USIA DINI

LESIYANTI, LESIYANTI (2018) PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF BERBASIS AUGMENTED REALITY BAGI ANAK USIA DINI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Halaman Cover.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (BAB VI)
Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Daftar Pustaka + lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)

Abstract

Aplikasi game edukasi ini dirancang dengan menerapkan teknologi Augmented Reality sebagai sarana pengenalan huruf bagi anak usia dini yang diharapkan dapat memberikan banyak perspektif kepada user. Selain itu, dengan adanyaaplikasi pembelajaran yaitu game edukasi pengenalan huruf yang tidak hanya mendidik tetapi juga menghibur. Sehingga proses belajar anak menjadi lebih menyenangkan. Metode yang digunakan dalam aplikasi ini adalah metode pengembangan perangkat lunak multimedia dengan metodeLuther yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu Concept, Desain, Collecting Content Material, Assembly, Testing, dan Distribution. Aplikasi augmented reality ini menggunakan marker yang dibuat sendiri. Software yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah Blender 3D untuk membuat objek 3D-nya dan Unity sebagai software pembuataninterface aplikasi. Perancangan aplikasi ini telahdiselesaikan hanya sampai pada tahap pembuatan marker, objek 3D, objek 2D dan User Interface pada Unity. Kata kunci : Augmented Reality, Game Edukasi, Blender 3D, Unity, Marker

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 18 078
NIM/NIDN Creators: 41513010062
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Game Edukasi, Blender 3D, Unity, Marker
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 519 Prbabilities n Applied mathematics/Matematika Terapan
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 519 Prbabilities n Applied mathematics/Matematika Terapan > 519.3 Game Theory Mathematics/Teori Permainan Matematika
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 793 Indoor Game and Amusements/Permainan dalam Ruangan, Hiburan dalam Ruangan > 793.7 Games not Characterized by Action/Permainan yang Tidak Dibatasi Gerakan > 793.74 Mathematical Games and Recreations/Permainan Hitung-hitungan dan Senang-senang
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.15 Collections of Games/Koleksi Permainan
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 30 Apr 2018 00:57
Last Modified: 10 Jan 2022 09:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/42356

Actions (login required)

View Item View Item