SHAHRIR, ANDI (2018) STRATEGI KOMUNIKASI CHANGE AGENT DEPARTEMEN PENGEMBANGAN UMKM BANK INDONESIA DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA KERJA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1_Cover.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
3_Abstrak.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2_Lembar Pengesahan.PDF Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
4_Kata Pengantar.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
5_Daftar isi.pdf Download (153kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
6_BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
||
Text (BAB II)
7_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
||
Text (BAB III)
8_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
||
Text (BAB IV)
9_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) |
||
Text (BAB V)
10 _BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
12_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Dalam usaha mencapai visi organisasi Bank Indonesia untuk menjadi lembaga bank sentral yang kredibel dan terbaik di regional melalui penguatan nilai-nilai strategis yang dimiliki serta pencapaian inflasi yang rendah dan nilai tukar yang stabil, BI melakukan perubahan budaya kerja pada setiap karyawan yang berada pada departemen-departemen yang ada dan salah satunya adalah Departemen Pengembangan UMKM (DPUM) untuk melakukan sebuah kegiatan yang diberi nama Change Program. DPUM sendiri memiliki visi 2024 untuk menjadi satuan kerja yang kompeten dan dipercaya dalam peningkatan akses keuangan dan jangkauan UMKM terhadap jasa keuangan serta dalam pengembangan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Strategi komunikasi yang dilakukan Change Agent Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia dengan menggunakan landasan teori Strategi Komunikasi serta tahapan-tahapan yang ada didalam strategi komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi yang dilakukan oleh Change Agent Departemen Pengembangan UMKM dalam penyampaian pesan mengenai Change Program sehingga dapat membantu perubahan budaya kerja yang lebih baik dan efektif. Dengan demikian, peneliti mampu memperoleh gambaran mengenai strategi komunikasi yang dilakukan oleh Change Agent. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam penyampaian change program masih terdapat kekurangan dalam sumber daya manusia dan sulitnya penyampaian pesan karena terdapat latar belakang dan pendidikan yang berbeda pada setiap pegawai Departemen Pengembangan UMKM. Untuk mengatasi masalah yang ada change agent harus melakukan pengenalan khalayak, penyusunan pesan, penetapan metode dan pemilihan media
Actions (login required)
View Item |