POLA KOMUNIKASI CUSTOMER SERVICE TEAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN DI PT. CABOT INDONESIA (Periode September 2016-Maret 2017)

MARAMIS, LAILI (2017) POLA KOMUNIKASI CUSTOMER SERVICE TEAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN DI PT. CABOT INDONESIA (Periode September 2016-Maret 2017). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (BAB II)
04.Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (BAB III)
05.Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB IV)
06.Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (BAB V)
07.Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08.Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana dan mengapa pola komunikasi yang dipakai oleh customer service team dapat meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan secara lebih rinci. Konsep dalam penelitian ini secara spesifik menggunakan komunikasi organisasi (organizational communication) yang terjadi dalam organisasi, bersifat formal dan juga informal, dan berlangsung dalam jaringan yang lebih besar daripada komunikasi kelompok. Peneliti menganggap bahwa komunikasi organisasi tidak hanya komunikasi yang terjalin antar personal customer service dan kelompok unit saja, akan tetapi komunikasi yang dilakukan kepada khalayak eksternal dalam hal ini pelanggan perusahaan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme yang menyatakan bahwa hubungan epistemologis antara pengamat dan obyek merupakan satu kesatuan, subyektif dan merupakan hasil perpaduan interaksi di antara keduanya melalui pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus yang yang menelaah satu kasus secara insentif, mendalam, mendetail, dan komprehensif. Metode yang digunakan adalah wawancara kepada key informan dan non-key informan yang berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari data lapangan, manusia sebagai alat penelitian, observasi, wawancara, dan dokumen terkait yang sesuai dan memenuhi kriteria penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pola komunikasi yang dipakai customer service team saat ini menunjukkan adanya perbedaaan – dua key informan menggunakan pola komunikasi roda, satu key informan menggunakan pola komunikasi rantai dan satu key informan lainnya menggunakan pola komunikasi bintang atau semua saluran, sehingga menimbulkan keluhan dari pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. Perlu adanya keseragaman Standar Operasi Prosedur (SOP) pola komunikasi customer service team sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan pelanggan.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44213110181
Uncontrolled Keywords: Customer Service, Team, Kualitas Pelayanan, Pelanggan
Subjects: ?? 025.523 ??
?? 657.83 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:52
Last Modified: 19 Oct 2017 04:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39193

Actions (login required)

View Item View Item