FENOMENA MENGUNGGAH FOTO MAKANAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

JAYANTI, EVI DWI (2017) FENOMENA MENGUNGGAH FOTO MAKANAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1 HAL COVER.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB II)
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB III)
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB IV)
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)

Abstract

Menjadi satu hal yang umum, aksi memotret makanan menjadi sangat sering dijumpai bahkan ketika internet dan jejaring sosial meraih popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir ini, banyaknya media sosial dan kemudahan akses internet, serta kecanggihan ponsel berkamera saat ini seakan saling bahu-membahu menyokong kebiasaan mengunggah foto makanan di media sosial. Fenomena ini mengubah persepsi makanan yang tadinya hanya untuk mengisi perut menjadi objek yang harus diperlihatkan atau dibanggakan terhadap publik di ranah media sosial. Media sosial sebagai saluran memainkan peranan penting dalam perubahan persepsi mengenai makanan tersebut. Berikutnya foto makanan merupakan salah satu bentuk dari pesan non-verbal. Sesuai dengan teori komunikasi non verbal yang menilai pesan non verbal lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan pesan verbal dan merupakan sarana sugesti yang paling tepat. Oleh karena itu sekarang kebanyakan dari media sosial mulai menambahkan fitur foto dan situs-situs yang berhubungan dengan makanan juga lebih banyak menampilkan foto dibandingkan dengan tulisan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa alasan utama seseorang mengunggah foto makanan di sosial media adalah kebutuhan pertemanan. Bisa disebut juga sebagai kebutuhan untuk diterima di dalam lingkungannya. Dengan maraknya fenomena pengunggahan foto makanan ini, seseorang berusaha mengikuti apa yang sedang dilakukan oleh lingkungan sekitarnya, agar dianggap oleh lingkungan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 17 019
NIM/NIDN Creators: 44314110090
Uncontrolled Keywords: FOTO MAKANAN, MENGUNGGAH FOTO, MEDIA SOSIAL, INSTAGRAM
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 640 Home Economic and Family Living Management/Kesejahteraan Rumah Tangga dan Manajemen Kehidupan Keluarga > 641 Food and Drink/Makanan dan Minuman > 641.3 Food/Makanan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 18 Mar 2017 13:58
Last Modified: 06 May 2024 06:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/33523

Actions (login required)

View Item View Item