STRATEGI PRODUKSI KONTEN AUDIO-VISUAL DI MEDIA SOSIAL I NSTAGRAM @GOODLIFEBCA DALAM MENSOSIALISASIKAN PENTINGNYA MENABUNG (Studi Kasus Pada Tim Produksi Konten Media di Bank BCA Kantor Cabang Pembantu Mahkota Ancol)

RAMADHAN, MUHAMMAD ARIF (2025) STRATEGI PRODUKSI KONTEN AUDIO-VISUAL DI MEDIA SOSIAL I NSTAGRAM @GOODLIFEBCA DALAM MENSOSIALISASIKAN PENTINGNYA MENABUNG (Studi Kasus Pada Tim Produksi Konten Media di Bank BCA Kantor Cabang Pembantu Mahkota Ancol). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)

Abstract

Audio-visual content is an information and education medium produced on the Instagram account @goodlifebca, one of which is to socialize the importance of saving.This research focuses on the audio-visual content production strategies used by the Instagram account @goodlifebca in socializing the importance of saving, with a case study on the Customer Service Officer at Bank BCA Mahkota Ancol Branch Office. The purpose of this research is to understand the strategy of producing audiovisual content on the Instagram social media account @goodlifebca in socializing the importance of saving. This research uses a constructivist paradigm with a qualitative approach and a case study method, where data collection techniques include in-depth interviews with informants and observation. This study uses a qualitative research methodology because it focuses on content production strategies that require a deep understanding of the process, ideas, and implementation. The results of the study indicate that the strategy used by the content production team at BCA KCP Mahkota Ancol is quite effective in socializing important messages, especially with the theme of the importance of saving, with the concept of a strategy using stages, namely pre-production, production and postproduction. Keywords: Content Strategy, Audio-Visual, Instagram @goodlifebca, Savings Education, Socialization Konten audio-visual merupakan sarana informasi dan edukasi yang diproduksi pada akun Instagram @goodlifebca, salah satunya dalam mensosialisasikan pentingnya menabung. Penelitian ini berfokus pada strategi produksi konten audio-visual yang digunakan oleh akun Instagram @goodlifebca dalam mensosialisasikan pentingnya menabung, dengan studi kasus pada Customer Service Officer di Bank BCA Kantor Cabang Pembantu Mahkota Ancol. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Strategi produksi konten audio visual di media sosial Instagram @goodlifebca dalam mensosialisasikan pentingnya menabung. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus dimana teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada informan dan observasi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dengan pendekatan kualitatif karena fokus pada strategi produksi konten yang membutuhkan pemahaman mendalam mengenai proses, ide, dan pelaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh tim produksi konten di BCA KCP Mahkota Ancol cukup efektif dalam mensosialisasikan pesan-pesan penting, khususnya dengan tema pentingnya menabung, dengan konsep strategi menggunakan tahapan yaitu pra-produksi, produksi dan pasca produksi. Kata kunci : Strategi Konten, Audio-Visual, Instagram @goodlifebca, Edukasi Menabung, Sosialisasi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 25 100
NIM/NIDN Creators: 44118120007
Uncontrolled Keywords: Strategi Konten, Audio-Visual, Instagram @goodlifebca, Edukasi Menabung, Sosialisasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.3 Bibliographies by Specific Forms/Bibliografi dan Katalog dengan Bentuk Khusus > 011.37 Visual and Audio Visual Media/Media Visual dan Audio Visual
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:57
Last Modified: 06 Oct 2025 02:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/98792

Actions (login required)

View Item View Item