POLA KOMUNIKASI ORGANISASI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM RAUDHATUL MUTTAQIN DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KARYAWAN

NURKRISNO, ALVARO DAFFA (2025) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM RAUDHATUL MUTTAQIN DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KARYAWAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA - BUNCIT.

[img]
Preview
Text (COVER)
44221010194-Alvaro Daffa Nurkrisno-01 Cover.pdf

Download (714kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
44221010194-Alvaro Daffa Nurkrisno-02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (BAB II)
44221010194-Alvaro Daffa Nurkrisno-03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB III)
44221010194-Alvaro Daffa Nurkrisno-04 BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (BAB IV)
44221010194-Alvaro Daffa Nurkrisno-05 BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text (BAB V)
44221010194-Alvaro Daffa Nurkrisno-06 BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44221010194-Alvaro Daffa Nurkrisno-07 DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44221010194-Alvaro Daffa Nurkrisno-08 LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)

Abstract

Komunikasi yang baik didalam organisasi sangat penting untuk menjaga jalanya kegiatan dan hubungan kerja yang harmonis. Hal ini juga berlaku di Yayasan Pendidikan Islam Raudhatul Muttaqin, yang membawahi beberapa unit pendidikan, yayasan ini mengandalkan sistem komunikasi yang tertata guna memastikan bahwa informasi, intruksi, dan kebijakan dapat tersampaikan secara akurat kepada seluruh jajaran karyawan. Penerapan pola komunikasi yang baik turut mendorong peningkatan rasa memiliki, partisipasi, serta loyalitas karyawan terhadap yayasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pola komunikasi organisasi dalam mempertahankan loyalitas karyawan di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam Raudhatul Muttaqin. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kontrukstivis. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pihak pihak yang terlibat langsung dalam proses komunikasi, seperti Kepala Yayasan, Kepala Unit, dan sejumlah karyawan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Yayasan Pendidikan Islam Raudhatul Muttaqin menerapkan pola komunikasi roda sebagai pola utama dalam pengelolaan informasi organisasi. Selain itu, pola komunikasi rantai dan lingkaran juga digunakan secara situasional, seperti dalam rapat kerja atau diskusi internal antarunit. Walaupun ketergantungan yang terlalu besar pada satu titik (Kepala Yayasan), penerapan komunikasi yang terbuka dan kolaboratif melaui media digital mendukung terciptanya koordinasi yang baik serta memperkuat loyalitas karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44221010194
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Yayasan Pendidikan Islam Raudhatul Muttaqin, Organisasi, Loyalitas
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.5 Relations of Individual to Society/Hubungan antara Individu dan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 10 Sep 2025 03:23
Last Modified: 10 Sep 2025 03:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/97611

Actions (login required)

View Item View Item