HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN IMPULSIVE BUYING E-COMMERCE PADA MAHASISWA DI JAKARTA SELATAN

AULIA, NASYA FADYA (2025) HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN IMPULSIVE BUYING E-COMMERCE PADA MAHASISWA DI JAKARTA SELATAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)

Abstract

Online shopping are continues to increase and actively carried out every day. Students also play a part in these shopping activities. South Jakarta is one of the areas with the highest number of e-commerce transactions. To prevent, manage, and correct impulsive tendencies, self-control is necessary. Self-control plays a major role for students in considering their priorities when shopping, especially online. The purpose of this study is to determine and explore the relationship between selfcontrol and impulsive e-commerce buying among students in South Jakarta. Impulsive buying, in the context of this study is defined as the behavior of making sudden or spontaneous purchases without prior planning, driven by emotional stimuli. On the other hand, Self-control is defined as an individual's ability to direct and regulate behavior by suppressing immediate desires in order to achieve more beneficial long-term goals. This study was conducted on 300 undergraduate students aged 19-24 years studying in South Jakarta. The research method used was a quantitative approach with correlational analysis techniques. Sampling was conducted using non-probability sampling with quota sampling techniques. This study used the Spearman rho method to show a negative and significant relationship between self-control and impulsive e-commerce buying among students in South Jakarta, with a correlation value of -0.840. Thus, it can be concluded that there is a strong negative correlation. This shows that the lower the self-control, the higher the impulsive e-commerce buying among students in South Jakarta. Keywords: Self-Control, Impulsive Buying, University Students Pembelian online terus meningkat dan dilakukan secara aktif setiap harinya. Mahasiswa turut menjadi bagian yang andil dalam melakukan kegiatan berbelanja tersebut. Jakarta Selatan masuk ke dalam kategori wilayah yang banyak melakukan transaksi di e-commerce. Untuk mencegah, mengelola, dan meluruskan kecenderungan impulsivitas perlu adanya kontrol diri. Kontrol diri menjadi peran utama bagi mahasiswa untuk mempertimbangkan skala prioritas dalam pembelian khususnya secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui dan mengeksplorasi hubungan antara kontrol diri dengan impulsive buying e-commerce pada mahasiswa di Jakarta Selatan. Impulsive buying dalam konteks penelitian ini di definisikan sebagai perilaku membeli secara tiba-tiba atau spontan tanpa terencana dan didorong oleh rangsangan emosional. Sedangkan, kontrol diri di definisikan sebagai kemampuan individu yang dapat mengarahkan dan mengatur perilaku menahan keinginan sesaat demi mencapai tujuan jangka panjang yang lebih bermanfaat. Penelitian ini dilakukan terhadap 300 Mahasiswa/I S1 yang berkuliah di Jakarta Selatan berusia 19-24 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif dengan teknik analisis Korelasional. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan Non Probability Sampling dengan teknik Quota Sampling. Hasil penelitian ini dilakukan menggunakan metode Spearman rho untuk menunjukkan hubungan yang negatif dan signifikan antara kontrol diri dan impulsive buying e-commerce pada mahasiswa di Jakarta Selatan, dengan nilai korelasi sebesar -0.840. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi negatif namun kuat. Hal ini menunjukkan bahwa semakin rendah kontrol diri maka semakin tinggi impulsive buying e-commerce pada mahasiswa di Jakarta Selatan. Kata Kunci : Kontrol Diri, Impulsive Buying, Mahasiswa dan Mahasiswi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 25 126
NIM/NIDN Creators: 46121010150
Uncontrolled Keywords: Kontrol Diri, Impulsive Buying, Mahasiswa dan Mahasiswi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.1 Administration and Library Management/Administrasi dan Manajemen Perpustakaan > 025.11 Finance/Keuangan
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.8 Interest and Discount/Bunga Bank dan Diskon
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 380.1-380.9 Standard Subdivisions of Commerce, Communications, Transportation/Subdivisi Standar Dari Perdagangan, Komunikasi, Transportasi > 380.1 Commerce (Trade)/Perdagangan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 25 Aug 2025 06:10
Last Modified: 25 Aug 2025 06:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/97077

Actions (login required)

View Item View Item