STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MEREK MELALUI SOSIAL MEDIA UNTUK UMKM ES PODENG PIK

LUHUR, AHRUL PUTRA MANGKU (2025) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MEREK MELALUI SOSIAL MEDIA UNTUK UMKM ES PODENG PIK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

This project aims to develop and implement an effective social media management strategy for the SME Es Podeng PIK. The main focus is to enhance brand awareness, expand market reach, and increase sales through digital platforms such as Instagram, Facebook, and TikTok. The strategy includes creative content production, brand message alignment, and the use of interactive features on social media. SWOT, STP, and AIDA analyses are utilized to strengthen marketing planning. The results show that this approach significantly improved engagement, brand visibility, as well as sales and follower growth. This project serves as an example of a successful digital strategy implementation for SME development through social media channels. Keywords: SME, Digital Strategy, Social Media Management, Brand Awareness, Content Strategy Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan strategi manajemen media sosial yang efektif bagi UMKM Es Podeng PIK. Fokus utama adalah meningkatkan kesadaran merek, memperluas jangkauan pasar, dan mendorong peningkatan penjualan melalui platform digital seperti Instagram, Facebook, dan TikTok. Strategi yang digunakan mencakup pembuatan konten kreatif, penyesuaian pesan brand, serta pemanfaatan fitur interaktif media sosial. Analisis SWOT, STP, dan AIDA digunakan untuk memperkuat perencanaan strategi pemasaran. Hasil proyek menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu meningkatkan engagement, brand visibility, dan jumlah pengikut serta penjualan secara signifikan. Proyek ini menjadi contoh implementasi strategi digital yang efektif dalam pengembangan UMKM berbasis media sosial. Kata Kunci: UMKM, Strategi Digital, Manajemen Media Sosial, Kesadaran Merek, Strategi Konten

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 25 195
NIM/NIDN Creators: 43121010227
Uncontrolled Keywords: UMKM, Strategi Digital, Manajemen Media Sosial, Kesadaran Merek, Strategi Konten
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.7 General Bibliographies of Works Having Specific Kinds of Content/Bibliografi Umum Pekerjaan yang Memiliki Jenis Konten Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:57
Last Modified: 31 Jul 2025 08:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/96432

Actions (login required)

View Item View Item