IMPLEMENTASI STRATEGI CONTENT CREATOR DALAM PEMASARAN SOSIAL MEDIA UNTUK MENINGKATKAN DAYA BELI MASYARAKAT DAN MEMBANGUN BRAND IMAGE TERHADAP PRODUK UMKM HILWAH FOOD

PATU, REYHAN SYAHPUAN PRATAMA GUNTUR (2025) IMPLEMENTASI STRATEGI CONTENT CREATOR DALAM PEMASARAN SOSIAL MEDIA UNTUK MENINGKATKAN DAYA BELI MASYARAKAT DAN MEMBANGUN BRAND IMAGE TERHADAP PRODUK UMKM HILWAH FOOD. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)

Abstract

This research explores the implementation of content creator strategies in social media marketing to increase consumer purchasing power and build brand image for the Hilwah Food MSME. Amid the rapid digital transformation and the rise of social media usage, Hilwah Food utilizes platforms such as Instagram and TikTok to expand its marketing reach. In this project, a team of university students acted as content creators designing, producing, and managing digital content to attract attention and boost engagement. The strategy involved understanding the target audience, creating visually appealing designs, and applying effective marketing narratives. The outcomes of this initiative include increased brand visibility, improved social media engagement, and potential sales growth. This project demonstrates that content creators can play a vital role in helping MSMEs grow in the digital era. Keywords: content creator, social media, MSME, Hilwah Food, digital marketing, brand image. Penelitian ini membahas implementasi strategi content creator dalam pemasaran media sosial untuk meningkatkan daya beli konsumen dan membangun citra merek (brand image) pada produk UMKM Hilwah Food. Di tengah perkembangan era digital dan meningkatnya penggunaan media sosial, Hilwah Food sebagai UMKM lokal memanfaatkan platform seperti Instagram dan TikTok untuk memperluas jangkauan pemasaran. Dalam proyek ini, tim mahasiswa berperan sebagai content creator yang merancang, membuat, dan mengelola konten digital secara konsisten untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan interaksi. Strategi yang digunakan mencakup pemahaman audiens, desain visual menarik, serta penggunaan narasi pemasaran yang tepat sasaran. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan visibilitas merek dan keterlibatan pengguna di media sosial, serta potensi pertumbuhan penjualan. Proyek ini membuktikan bahwa peran content creator dapat menjadi strategi efektif dalam mendukung pertumbuhan UMKM di era digital. Kata kunci: content creator, media sosial, UMKM, Hilwah Food, pemasaran digital, brand image.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 25 169
NIM/NIDN Creators: 43121010069
Uncontrolled Keywords: content creator, media sosial, UMKM, Hilwah Food, pemasaran digital, brand image.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.02 Management of Enterprises of Specific Sizes and Scopes/Pengelolaan Usaha dengan Ukuran dan Lingkup Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 29 Jul 2025 03:57
Last Modified: 29 Jul 2025 03:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/96350

Actions (login required)

View Item View Item