RESPON KOGNITIF MAHASISWA PKK FIKOM UMB ANGKATAN 2008-2009 TERHADAP IKLAN DJARUM 76 VERSI JIN MATRE

HAREVAN, BOBY (2011) RESPON KOGNITIF MAHASISWA PKK FIKOM UMB ANGKATAN 2008-2009 TERHADAP IKLAN DJARUM 76 VERSI JIN MATRE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstraksi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)

Abstract

Iklan merupakan segala bentuk pesan tentang suatu produk yang di sampaikan lewat media yang ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. Ada beberapa macam iklan rokok pada media televisi yang mempunyai dampak yang berbeda- beda bagi khalayak yang melihatnya, salah satunya adalah iklan rokok Djarum 76 versi“ Jin matre“ yang selalu mengangkat realita dikehidupan masyarakat dan bernuansa humor dalam setiap penayangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kognitif iklan Djarum 76 versi “Jin matre” terhadap mahasiswa PKK Ffikom UMB angkatan 2008-2009 yang menjadi konsumen berbagai macam produk rokok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori model S-O-R. Dimana khalayak yang merupakan Organisme atau pihak penerima Stimulus yang diberikan oleh sebuah iklan mendapatkan dampak dari media massa. Dampak kognitif sebagai tahap pertama dimana dalam melihat pesan iklan, orang akan tahu akan adanya produk tersebut. Jadi Dampak kognitif adalah salah satu bentuk dari efek yang diterima oleh khalayak terhadap sebuah iklan yang dilihatnya. Peneliatian ini mengacu pada George E.Blech & Michael A. Belch yaitu product/message, source oriented, dan ad execution thought. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode survei yaitu dengan cara mengumpulkan informasi dari responden mengenai tayangan iklan Djarum 76 versi “Jin matre” dengan mengisi kuesioner. Sebanyak 95 responden yang merupakan mahasiswa pkk fikom UMB angkatan 2008-2009 yang diambil sebagai sampel. Dari penelitian ini dapat disimpulakan tahap pengetahuan product/message, source oriented, tahap source oriented dan ad execution thought responden yang dimana mahasiswa pkk fikom umb 2008-2009 terhadap iklan Djarum 76 versi “jin matre” tidak berdampak positif. Melihat banyak nya responden yang tidak begitu mengetahuainya dan kurang begitu mengenal iklan Djarum 76 baik elemen iklan maupun maanfaat produk tersebut, berarti iklan televisi Djarum 76 versi jin matre kurang begitu berhasil mengkomunikasikan isi dan tujuan pesannya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 11 009
NIM/NIDN Creators: 44305010010
Uncontrolled Keywords: RESPON KOGNITIF MAHASISWA, IKLAN
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.5 Relations of Individual to Society/Hubungan antara Individu dan Masyarakat > 302.54 Response of Individuals/Respon Individu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 730 Plastic Arts and Sculpture/Seni Plastik dan Seni Patung > 739 Art Metalwork/Seni Logam, Kerajinan Logam > 739.4 Iron Art Works/Seni Logam Besi > 739.48 Products/Produk
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 13 Jan 2025 07:57
Last Modified: 13 Jan 2025 07:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93536

Actions (login required)

View Item View Item