INTERAKSI SIMBOLIK ANTAR PENGGEMAR K-POP DALAM PERILAKU KOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL X (Studi Deskriptif Pada Fandom NCTzen Indonesia di X)

NATASHA, ALOINA (2024) INTERAKSI SIMBOLIK ANTAR PENGGEMAR K-POP DALAM PERILAKU KOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL X (Studi Deskriptif Pada Fandom NCTzen Indonesia di X). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)

Abstract

Along with the development of popular culture, it is increasingly liked and favored by people of all ages. The popular culture that is currently trending is the Korean Wave culture. The Korean Wave that is most favored is the music industry commonly known as Korean Pop (K-Pop). One of the social media platforms often used by K-Pop fans is X. This study aims to understand and explain the symbolic social interaction among K-Pop fans in their communication behavior on social media platform X (Descriptive study on NCTzen fandom in Indonesia). The research employs Symbolic Interactionism theory. It uses a qualitative approach with Descriptive method and employs data triangulation validity technique with a sample of 6 individuals who are fans of NCT or part of the NCTzen fandom. The research findings indicate that the motive of informants in social interaction is to obtain information about NCT and communicate with fellow NCTzens. This motive drives the communication behavior of informants on social media X, forming friendships through sharing information and discussions about NCT. Despite conflicts on social media, the majority of NCTzens tend to focus on positive experiences and benefits of being part of the community. Keywords: Symbolic Interaction, Social Media X, Communication Behavior, Fans Seiring perkembangan budaya populer semakin disukai dan diminati dari kalangan semua usia. Budaya populer yang kini menjadi trend yaitu budaya Korean Wave. Korean Wave yang paling diminati adalah industri musik yang biasa disebut dengan Korean Pop (K-Pop). Salah satu media sosial yang sering digunakan oleh penggemar K-Pop adalah X. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menjelaskan interaksi simbolik antar penggemar K-Pop dalam perilaku komunikasi di media sosial X (studi Deskriptif pada fandom NCTzen di Indonesia). Penelitian ini menggunakan teori Interaksionisme Simbolik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Deskriptif. Penelitian ini menggunakan Teknik keabsahan tringulasi data yang mengambil subjek penelitian berjumlah 6 orang yang menjadi penggemar NCT atau masuk ke dalam fandom NCTzen. Hasil penelitian menunjukkan motif penggemar dalam berinteraksi adalah untuk mendapatkan informasi tentang NCT dan berkomunikasi dengan sesama NCTzen. Motif ini mendorong perilaku komunikasi informan di media sosial X, yang membentuk hubungan pertemanan melalui berbagi informasi dan diskusi tentang NCT. Meskipun terdapat konflik di media sosial, mayoritas NCTzen cenderung fokus pada pengalaman positif dan manfaat menjadi bagian dari komunitas. Kata Kunci: Interaksi Simbolik, Media Sosial X, Perilaku Komunikasi, Penggemar

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 119
NIM/NIDN Creators: 44220010183
Uncontrolled Keywords: Interaksi Simbolik, Media Sosial X, Perilaku Komunikasi, Penggemar
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 781 General Principles of Music and Musical Form/Prinsip-prinsip Umum Musik dan Bentuk-bentuk Musikal > 781.6 Traditions of Music/Tradisi-tradisi Musik > 781.63 Popular Music/Musik Pop
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:42
Last Modified: 28 Jun 2024 02:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/89237

Actions (login required)

View Item View Item