RESEPSI KHALAYAK PADA GAYA KOMUNIKASI FADLI BONDOL DALAM AKUN @BONDOL_JPG DI MEDIA SOSIAL TIKTOK

PUTRA, RADEN MUHAMMAD NUR KUSUMA (2024) RESEPSI KHALAYAK PADA GAYA KOMUNIKASI FADLI BONDOL DALAM AKUN @BONDOL_JPG DI MEDIA SOSIAL TIKTOK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)

Abstract

The development of technology and information nowadays, which is increasingly progressing, is able to produce increasingly diverse media for conveying information. The phenomenon of popular unique video content occurred in 2021 with the emergence of unique videos on Tiktok social media, starting from the account @bondol_jpg because the communication style he created was unique. The aim of this research is to find out and analyze the audience's reception of Fadli Bondol's communication style after seeing the video showing really afraid of loh (TBL) on the @bondol_jpg account on Tiktok social media. This research uses the Constructivist Paradigm. The method used is the Reception Analysis Research Method using the encoding/decoding concept according to Stuart Hall. The data collection technique uses in-depth interviews by asking the audience about Fadli Bondol's communication style on the show Very Scared (TBL). The results of the research from the seven informants regarding Fadli Bondol's communication style in the video show I'm really afraid of you (TBL) on the Tiktok account @bondol_jpg, based on Stuart Hall's theory about three audience meanings. From the results of the researcher's analysis, we saw that the seven informants fell into the Dominant meaning because they accepted the style. Fadli Bondol's communication is very good on really scared content, you know (TBL). In the Negotiation position, of the seven informants, only one informant had a different opinion because at first he was confused by the term or abbreviation, really scared (TBL), so he didn't know what this term stood for. For the Opposition position, of the seven informants, only two people also gave the reason that with the term really afraid, you know (TBL), each of them was carried away by trends in communication styles but only temporarily, besides that, the two informants apparently did not follow Fadli Bondol's account. The conclusion is that the seven informants have different opinions and points of view regarding Fadli Bondol's communication style regarding the really scared (TBL) content on his Tiktok account @bondol_jpg. Keywords: Reception analysis, Communication Style, Audience, Tiktok Perkembangan teknologi dan informasi dimasa sekarang yang semakin lama semakin mengalami kemajuan mampu menghasilkan berbagai media penyampaian informasi yang semakin beragam. Fenomena populernya konten video unik terjadi pada tahun 2021 dengan munculnya video unik dari media sosial Tiktok, bermula dari akun @bondol_jpg karena gaya komunikasi yang ia ciptakan memiliki keunikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis resepsi khalayak pada gaya komunikasi Fadli Bondol setelah melihat tayangan video takut banget loh (TBL) pada akun @bondol_jpg di media sosial Tiktok. Penelitian ini menggunakan Paradigma Konstruktivis. Metode yang digunakan adalah Metode Penelitian Analisis Resepsi dengan menggunakan konsep encoding/decoding menurut Stuart Hall. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam dengan menanyakan kepada khalayak mengenai gaya komunikasi dari Fadli Bondol pada tayangan takut banget loh(TBL). Hasil penelitian dari ketujuh informan mengenai gaya komunikasi Fadli Bondol dalam tayangan video takut banget loh (TBL) di akun Tiktok @bondol_jpg, berdasarkan teori dari Stuart Hall tentang tiga pemaknaan khalayak dari hasil analisa peneliti melihat bahwa dari ketujuh informan masuk kedalam pemaknaan Dominan karena menerima gaya komunikasi Fadli Bondol sangat baik pada konten takut banget loh (TBL). Pada posisi Negosiasi, dari ketujuh informan hanya satu orang informan yang memiliki pendapat berbeda karena pada awalnya bingung dengan istilah atau singkatan takut banget loh (TBL) sehingga membuatnya tidak tahu kepanjangan dari istilah ini. Untuk posisi Oposisi dari ketujuh informan hanya dua orang juga yang memberikan alasan bahwa dengan adanya istilah takut banget loh (TBL) masing-masing terbawa tren pada gaya komunikasi tetapi hanya sementara, disamping itu dari kedua informan ternyata tidak memfollow akun Fadli Bondol. Kesimpulanya adalah bahwa dari ketujuh informan memiliki pendapat dan sudut pandang yang berbeda terkait gaya komunikasi Fadli Bondol pada konten takut banget loh (TBL) pada akun Tiktoknya @bondol_jpg. Kata Kunci : Analisis Resepsi, Gaya Komunikasi, Khalayak, Tiktok

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 24 044
NIM/NIDN Creators: 44119010088
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Gaya Komunikasi, Khalayak, Tiktok
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 730 Plastic Arts and Sculpture/Seni Plastik dan Seni Patung > 734 Sculpture from 500 - 1399/Seni Patung dan Seni Pahat Tahun 500 sampai dengan Tahun 1399 > 734.2 Styles/Gaya
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:44
Last Modified: 26 Apr 2024 07:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88232

Actions (login required)

View Item View Item