ANALISIS RESEPSI FOLLOWERS TERHADAP KONTEN BERBAGI KEBAHAGIAAN pada AKUN INSTAGRAM @ikoy2an

SHALSABILA, DHANTY (2024) ANALISIS RESEPSI FOLLOWERS TERHADAP KONTEN BERBAGI KEBAHAGIAAN pada AKUN INSTAGRAM @ikoy2an. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (486kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)

Abstract

Social media Instagram is a digital platform based on images, sounds, and text the most used all ages. Instagram is booming because of an Ikoy -Ikoyan content that attracts attention public especially Instagram users. Celebrity Instagram of Indonesia named Arief Muhammad do a sharing activity with named and unique way until create an Instagram account especially sharing happiness and make hashtags #BerbagidanDibagi which emphasizes that this Instagram account specializes in sharing and being shared. @ikoy2am content sharing happiness has received different message meanings, especially by the followers. The author focuses on analyzing how followers interpret the sharing happiness content at @ikoy2an Instagram account based on Encoding-Decoding Reception Theory by Stuart Hall’s which explaining the three audience categorizations like Dominant (hegemonic) position, Negotiated position, and Oppositional position. The informant is a followers of @ikoy2an. This research uses a descriptive qualitative approach and a constructivist paradigm. The data analysis technique of this research with data collection from in-depth interviews, describing data and make a conclusions. Data validity techniques using source triangulation. The research results found that 10 followers interpreted the content of sharing happiness at @ikoy2an Instagram account based on age, personal experiences and cultural background factors. This research show 5 dominant positions, 3 negotiation positions and 2 opposition positions. Content of sharing hapiness or ikoy-ikoyan based on informants is dominant position because they interpret the content as a way to use social media positively to share and make a lot of people happy. Negotiated position interpreting @ikoy2an content is unique and fun, but the goals is to find audience engagement which will increase his Instagram. Meanwhile, the oppositional interpret @ikoy2an content as just making people lazy amd beggar. Keywords: sharing happiness, instagram account @ikoy2an, reception theory, social media Media sosial Instagram merupakan sebuah platform digital berbasis gambar, suara dan tulisan yang paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan usia. Instagram diramaikan sebuah konten ikoy - ikoyan yang banyak menarik perhatian masyarakat terutama pengguna Instagram. Selebgram Indonesia Arief Muhammad melakukan kegiatan berbagi dengan nama dan cara yang unik hingga membuat akun Instagram khusus Berbagi Kebahagian serta mempunyai hashtag #BerbagidanDibagi yang menekankan bahwa akun Instagram ini khusus ajang berbagi dan dibagi. Konten berbagi kebahagiaan @ikoy2an ini memiliki penerimaan makna pesan yang berbeda - beda terutama oleh followers-nya. Penulis berfokus untuk menganalisis bagaimana penerimaan followers memaknai konten berbagi kebahagiaan akun Instagram @ikoy2an berdasarkan Teori Resepsi Encoding-Decoding oleh Stuart Hall yang menjelaskan tiga kategorisasi khalayak yaitu dominant (hegemonic) position, negotiated position dan oppositional position. Informan merupakan followers @ikoy2an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan paradigma konstruktivistik. Teknik analisis data penelitian ini adalah dengan cara pengumpulan data dari hasil wawancara mendalam, mendeskripsikan data serta menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menyatakan bahwa 10 followers memaknai konten berbagi kebahagiaan pada akun Instagram @ikoy2an berdasarkan faktor latar belakang usia, pengalaman pribadi dan budaya. Penelitian ini menunjukan penerimaan followers berada di 5 posisi dominan, 3 posisi negosiasi, dan 2 posisi oposisi. Konten berbagi kebahagiaan/ikoy-ikoyan mayoritas di posisi Dominan, followers memaknai konten @ikoy2an adalah cara memanfaatkan media sosial secara positif untuk berbagi dan membahagiakan banyak orang. Posisi Negosiasi, followers memaknai konten @ikoy2an adalah hal yang unik dan seru namun tujuan lainnya mencari followers dan engagement audiens yang mempengaruhi Instagramnya, Sedangkan Oposisi, followers memaknai konten @ikoy2an hanya menjadikan orang malas dan mengemis. Kata Kunci: berbagi kebahagiaan, akun instagram @ikoy2an, analisis resepsi, media sosial

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 026
Call Number: SK/42/24/014
NIM/NIDN Creators: 44219010096
Uncontrolled Keywords: berbagi kebahagiaan, akun instagram @ikoy2an, analisis resepsi, media sosial
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.7 General Bibliographies of Works Having Specific Kinds of Content/Bibliografi Umum Pekerjaan yang Memiliki Jenis Konten Tertentu
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 31 Jan 2024 10:09
Last Modified: 31 Jan 2024 10:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85712

Actions (login required)

View Item View Item