PENGARUH KONTEN IDOL TREASURE DI SOSIAL MEDIA TWITTER (X) TERHADAP KESEHATAN MENTAL REMAJA

SHAFAUSSARIRAH, SHAFAUSSARIRAH (2024) PENGARUH KONTEN IDOL TREASURE DI SOSIAL MEDIA TWITTER (X) TERHADAP KESEHATAN MENTAL REMAJA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (782kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)

Abstract

This study aims to determine whether or not there is an influence of idol Treasure content on Twitter social media on adolescent mental health, especially idol Treasure fans. Content is all things that can be managed in electronic format, content can be accessed through social media, one of which is Twitter. Content spread on social media can have an influence on a person's mental health, depending on the context of the content. because Treasure idol content is generally created by fans, agencies from Treasure idols, to members of Treasure idols themselves. Variable X in this research is Content with dimensions (Entertainment, Influence, Information, and Education). Variable Y in this study is Mental Health with dimensions (Potential Development Orientation, Classic Orientation, and Self-Adjustment Orientation). This research uses quantitative method of positivism paradigm. The population in this study are Treasure fans (Treasure Maker) aged 16-20 years old who also enjoy content from Treasure through Twitter social media accounts. Sampling using Non-Probability Sampling with Purposive technique, with a sample size of 100 fans. A questionnaire was used for the data collection technique. The data analysis technique used is simple linear regression analysis technique with the help of SPSS version 26. The results of data analysis obtained conclusions with the results of the t test results which show that t count 10.962> t table 1.290. So it can be stated that the hypothesis H0 is rejected and H1 is accepted. And the R Square result is 0.551 or 55.1% which explains that the mental health variable (Y) is influenced by the content variable (X) by 55.1%. Meanwhile, 44.9% of mental health is influenced by variables outside the model in this study. Keywords: Content, Mental Health, K-Pop, Twitter (X) Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari konten idol Treasure di sosial media Twitter (X) terhadap kesehatan mental remaja, terutama penggemar idol Treasure. Konten adalah semua hal yang dapat dikelola dalam format elektronik, konten dapat diakses melalui sosial media salah satunya yaitu Twitter (X). Konten yang tersebar di sosial media dapat memiliki pengaruh terhadap kesehatan mental seseorang, tergantung mengenai konteks dari konten tersebut. karena Konten idol Treasure pada umumnya dibuat oleh penggemar, agensi dari idol Treasure, hingga member dari idol Treasure itu sendiri. Variabel X pada penelitian ini yaitu Konten dengan dimensi (Hiburan, Mempengaruhi, Informasi, dan Edukasi). Variabel Y pada penelitian ini yaitu Kesehatan Mental dengan dimensi (Orientasi Pengembangan Potensi, Orientasi Klasik, dan Orientasi Penyesuaian Diri). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif paradigma positivisme. Populasi pada penelitian ini merupakan penggemar Treasure (Treasure Maker) berusia remaja 16-20 tahun yang juga menikmati konten-konten dari Treasure melalui akun sosial media Twitter (X). Pengambilan sampel menggunakan Non-Probability Sampling dengan teknik Purposive, dengan jumlah sampel 100 orang penggemar. Digunakan kuesioner untuk teknik pengumpulan datanya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana dengan bantuan Aplikasi SPSS versi 26. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan dengan hasil hasil uji t yang menunjukkan bahwa t hitung 10.962 > t tabel 1,290. Sehingga dapat dinyatakan hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Dan hasil R Square sebesar 0.551 atau 55,1% yang menjelaskan bahwa variabel kesehatan mental (Y) dipengaruhi oleh variabel konten (X) sebesar 55,1%. Sedangkan 44,9% kesehatan mental dipengaruhi oleh variabel diluar model pada penelitian ini. Kata Kunci : Konten, Kesehatan Mental, K-Pop, Twitter (X)

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 019
Call Number: SK/42/24/005
NIM/NIDN Creators: 44220010076
Uncontrolled Keywords: Konten, Kesehatan Mental, K-Pop, Twitter (X)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.7 General Bibliographies of Works Having Specific Kinds of Content/Bibliografi Umum Pekerjaan yang Memiliki Jenis Konten Tertentu
600 Technology/Teknologi > 610 Medical, Medicine, and Health Sciences/Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan > 610.1-610.9 Standard Subdivisions of Medical, Medicine, and Health Sciences/Subdivisi Standar Dari Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan > 610.3 Dictionaries and Encyclopedia of Medical/Kamus Kedokteran, Kamus Kesehatan, Kamus Keperawatan, Kamus Kebidanan, Ensiklopedia Kedokteran, Ensiklopedia Kesehatan, Ensiklopedia Keperawatan, Ensiklopedia Kebidanan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:24
Last Modified: 25 Jan 2024 08:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85569

Actions (login required)

View Item View Item