PEMANFAATAN MEDIA APLIKASI WOVO DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI KARYAWAN PT. PARKLAND WORLD INDONESIA

NURHAKIKI, DIAN (2023) PEMANFAATAN MEDIA APLIKASI WOVO DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI KARYAWAN PT. PARKLAND WORLD INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)

Abstract

In general, the communication process that runs in an organization will not experience difficulties if the organization is an organization in a small scope. However, in the scope of a large organization with thousands of members in it, they will experience difficulties in communicating both with the system of upward and downward communication. For PT. Parkland World Indonesia, internal organizational communication is an important thing that must be done. For this reason, qualified communication media are needed which are communication mediators between management and employees, as well as communication media that are able to reach all employees quickly. The purpose of this study was to determine the use of WOVO application media in meeting the information needs of PT. Parkland World Indonesia. In this study the researcher uses the post positivism paradigm to gain more understanding of the use of application media used by PT. Parkland World Indonesia to meet the information needs of its employees. The research method used in this study is a case study method. Case study is a series of scientific activities carried out intensively, detailed and in -depth about a program, event and activity, both at the individual level, a group of people, institutions, or organizations to gain in -depth knowledge of these events. From the results of the study found that PT. Parkland World Indonesia implements the CMC pattern by utilizing WOVO as a communication medium with informative, regulative, persuasive and integrative functions. Forms of communication that run in the WOVO application can also be done up and down to meet the information needs of employees. Keywords: Organizational Communication, Internal Communication, Computer Mediated Communication, New Media, Information Needs Pada umumnya, proses komunikasi yang berjalan pada suatu organisasi tidak akan mengalami kesulitan apabila organisasi tersebut merupakan organisasi dalam lingkup yang kecil. Akan tetapi, pada lingkup organisasi yang besar dan terdiri dari ribuan anggota di dalamnya, mereka akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi baik itu komunikasi dengan sistem ke atas maupun ke bawah. Bagi PT. Parkland World Indonesia, komunikasi organisasi yang bersifat internal merupakan hal penting yang harus dilakukan. Untuk itu, dibutuhkan media komunikasi yang mumpuni yang menjadi mediator komunikasi antara pihak manajemen dan karyawan, serta media komunikasi yang mampu menjangkau seluruh karyawan secara cepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media aplikasi WOVO dalam memenuhi kebutuhan informasi karyawan PT. Parkland World Indonesia. Dalam penelitian ini peniliti menggunakan paradigma post positivisme untuk mendapatkan pemahaman lebih mengenai pemanfaatan media aplikasi yang digunakan oleh PT. Parkland World Indonesia untuk memenuhi kebutuhan informasi karyawannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Studi kasus adalah suatu serangkaian kegiatan ilmiah yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam tentang suatu program, peristiwa dan aktivitas, baik pada tingkat perorangan, sekelompok orang, lembaga, atau organisasi untuk memperoleh pengetahuan mendalam tentang peristiwa tersebut. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa PT. Parkland World Indonesia mengimplementasikan pola CMC dengan memanfaatkan WOVO sebagai media komunikasi dengan fungsi informatif, regulatif, persuasif dan integratif. Bentuk komunikasi yang berjalan di aplikasi WOVO juga dapat dilakukan secara ke atas maupun ke bawah untuk memenuhi kebutuhan informasi karyawan. Kata Kunci: Komunikasi Organisasi, Komunikasi Internal, Computer Mediated Communication, Media Baru, Kebutuhan Informasi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 118
Call Number: SK/42/23/073
NIM/NIDN Creators: 44219110018
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Komunikasi Internal, Computer Mediated Communication, Media Baru, Kebutuhan Informasi
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.22 Kinds of Communication/Jenis-jenis Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 30 Sep 2023 03:29
Last Modified: 30 Sep 2023 03:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/81081

Actions (login required)

View Item View Item