INTERPRETASI KHALAYAK TERHADAP KONTEN INSTAGRAM DALAM MENGINFORMASIKAN PRODUK KECANTIKAN (Analisis Resepsi Pada Konten Instagram Scarlett_Whitening)

PUTRI, AYU SYAHNUR ALFARABI (2023) INTERPRETASI KHALAYAK TERHADAP KONTEN INSTAGRAM DALAM MENGINFORMASIKAN PRODUK KECANTIKAN (Analisis Resepsi Pada Konten Instagram Scarlett_Whitening). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (525kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)

Abstract

Scarlet whitening has done many ways to inform beauty information through its Instagram, one of which is by introducing its products and informing about its beauty products by using content which contains elements of beauty product information. This study aims to find out the audience's interpretation of Instagram content in informing its products on the Scarlet whitening Instagram account.This study uses a constructivist research paradigm, with a qualitative approach through the reception analysis research method proposed by Stuart Hall, namely by positioning the audience based on 3 types of positions, namely the position of dominant hegemony, negotiation, and opposition. The reception model states that the meaning encoded by the sender can be decoded into different things by the receiver.The research results show that of the 7 informants have different positions in each position. On the Instagram account, when informing about beauty products, the informant tends to be in a dominant position, while on the Scarlett Whitening Instagram account, the delivery of messages also varies, be it dominance, negotiation or opposition. As in the Audience Interpretation of Message Delivery, there are 5 informants who are in dominant positions and 3 informants who are in negotiating positions. Keywords: Interpretation, Audience Reception Analysis, Instagram, Communication. Scarlet whitening telah melakukan banyak cara untuk menginformasikan informasi kecantikan melalui Instagramnya salah satunya dengan memperkenalkan produknya dan menginformasikan produk kecantikannya dengan menggunakan konten yang didalamnya mengandung unsur informasi produk kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu Interpretasi khalayak terhadap konten Instagram dalam menginformasikan produknya pada akun Instagram Scarelet whitening. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian konstruktivis, dengan pendekatan kualitatif melalui metode penelitian analisis resepsi yang dikemukakan oleh Stuart Hall yaitu dengan memposisikan khalayak berdasarkan 3 jenis posisi yaitu posisi hegemoni dominan, negosiasi, dan oposisi. Model resepsi menyatakan bahwa makna yang dikodekan (encoded) oleh pengirim dapat diartikan (decoded) menjadi hal yang berbeda oleh penerima.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari 7 Informan memiliki posisi yang berbeda beda disetiap posisinya. Pada akun Instagram dalam menginformasikan produk kecantikan informan cenderung dalam posisi Dominan sedangkan pada akun Instagram scarlett whitening dalam penyampaian pesan juga bervariasi baik itu dominan, negosiasi dan oposisi. Seperti pada Interpretasi Khalayak terhadapPenyampaian Pesan terdapat 5 Infoman yang berada di posisi Dominan dan 3 informan berada di posisi negosiasi. Kata Kunci: Interpretasi, Khalayak Analisis Resepsi,Instagram,Komunikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 078
Call Number: SK/42/23/052
NIM/NIDN Creators: 44219010159
Uncontrolled Keywords: Interpretasi, Khalayak Analisis Resepsi,Instagram,Komunikasi.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:56
Last Modified: 21 Jul 2023 07:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/79332

Actions (login required)

View Item View Item