PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @perhumasmudajktraya TERHADAP CITRA PERHUMAS MUDA JAKARTA RAYA (Survey pada Followers Instagram @perhumasmudajktraya)

ARIANE, MUHAMMAD PANDU (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @perhumasmudajktraya TERHADAP CITRA PERHUMAS MUDA JAKARTA RAYA (Survey pada Followers Instagram @perhumasmudajktraya). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)

Abstract

As an organization that was only active again in 2012, PERHUMAS Muda Jakarta Raya takes advantage of technological advancements that continue to develop and undergo changes according to the times that are transforming towards digital. One of the things that is done is to manage Instagram social media to form a positive image of the organization. This study aims to influence the use of Instagram social media @perhumasmudajktraya on the image of PERHUMAS Muda Jakarta Raya The concept approach used in this research is to use the 4C theory from Chris Heuer explaining what components must be present in every use of social media to be easy to use and meet the goals of the user, and is associated with the concept of image which explains the components in the image formation process. The type of research used is explanatory with a quantitative approach. The results of this study indicate that there is an influence between the use of social media Instagram @perhumasmudajktraya on the image of PERHUMAS Muda Jakarta Raya. Data processing is done with the help of Microsoft Excel and SPSS 26 using the Pearson's Product Moment formula. The results of the regression test research that has been carried out are known to be 78.1%. It can be interpreted that the higher PERHUMAS Muda Jakarta Raya is in utilizing the use of its Instagram social media, the higher the influence of brand awareness on audiences. Based on the hypothesis test where Tcount > Ttable is Ho is rejected and Ha is accepted. It can be concluded that there is a significant influence between the use of Instagram social media @perhumasmudajktraya on the image of PERHUMAS Muda Jakarta Raya. Kata Kunci: Public Relations, Media Sosial, Instagram, Citra, PERHUMAS Muda Jakarta Raya. Sebagai organisasi yang baru aktif kembali pada tahun 2012, PERHUMAS Muda Jakarta Raya memanfaatkan kemajuan teknologi yang terus berkembang dan mengalami perubahan sesuai perkembangan zaman yang bertransformasi ke arah digital. Salah satu yang dilakukan adalah melakukan pengelolaan media sosial Instagram untuk membentuk citra positif organisasi . Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh penggunaan media sosial Instagram @perhumasmudajktraya terhadap citra PERHUMAS Muda Jakarta Raya Pendekatan konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori 4C dari Chris Heuer menjelaskan tentang komponen apa saja yang harus ada dalam setiap penggunaan media sosial agar mudah digunakan serta memenuhi tujuan dari pengguna, dan dikaitkan dengan konsep Citra yang menjelaskan komponen dalam proses pembentukan citra. Dengan pendekatan penelitian kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah followers pada Instagram @perhumasmudajktraya dengan total 94 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan media sosial Instagram @perhumasmudajktraya terhadap citra PERHUMAS Muda Jakarta Raya. Pengolahan data dilakukan dengan bantuian Microsoft Excel dan SPSS 26 dengan menggunakan rumus Pearson’s Product Moment. Hasil penelitian uji regresi yang telah dilakukan diketahui sebesar 78,1%. Dapat diartikan bahwa semakin tinggi PERHUMAS Muda Jakarta Raya dalam memanfaatkan penggunaan media sosial instagram nya maka akan semakin tinggi pula pengaruh kesaradan merek terhadap khalayak. Berdasarkan uji hipotesis dimana Thitung > Ttabel adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial instagram @perhumasmudajktraya terhadap citra PERHUMAS Muda Jakarta Raya. Kata Kunci: Public Relations, Media Sosial, Instagram, Citra, PERHUMAS Muda Jakarta Raya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 219
Call Number: SK/42/23/019
NIM/NIDN Creators: 44218010148
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Media Sosial, Instagram, Citra, PERHUMAS Muda Jakarta Raya.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:12
Last Modified: 10 Apr 2023 02:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/76271

Actions (login required)

View Item View Item