STRATEGI KOMUNIKASI PT. KAI DALAM MENSOSIALISASIKAN PENINGKATAN PELAYANAN INFRASTRUKTUR PUBLIK DI WILAYAH STASIUN MANGGARAI JAKARTA SELATAN

HANDHINI, ARETHA AULIA (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PT. KAI DALAM MENSOSIALISASIKAN PENINGKATAN PELAYANAN INFRASTRUKTUR PUBLIK DI WILAYAH STASIUN MANGGARAI JAKARTA SELATAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)

Abstract

Transportation is one of the important means needed in human daily life, because without transportation humans will find it difficult to travel and travel everywhere. Basically, the notion of transportation is the movement of people or goods from one place to another using the help of vehicles that can be driven by humans or machines. The communication strategy is carried out through the four steps of the Public Relations process according to (Cutlip, Center, and Broom) and the socialization process by PT. KAI uses verbal, nonverbal, and organizational communication which includes internal communication as well as external communication. The paradigm used is the constructivism paradigm, with the method used in this study, namely qualitative research with a case study approach. The data collection technique used for the primary data is direct interviews and also observation while for the secondary data, the technique used is the literature study technique. Data analysis techniques in this study are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The validity-checking technique used in this study is the triangulation technique. The results of this study can be seen that the communication strategy carried out by PT. KAI DAOP 1 Jakarta in publicizing and socializing the infrastructure development of the Manggarai Central Station, uses four stages, namely planning analysis, plan development, implementation of communication strategy, and evaluation to measure the success of the communication strategy carried out. In implementing the communication strategy in publicizing and socializing the Manggarai Central Station it is most effective. This is because there are still deficiencies in the implementation of communication strategies in the publication and socialization process. Where it is found that there is still information conveyed in a short time. Keywords: Communication Strategy, Socialization, Public Infrastructure, PT. KAI, Manggarai Station Transportasi merupakan salah satu sarana penting yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari manusia, karena tanpa adanya transportasi manusia akan kesulitan untuk melakukan perjalanan dan berpergian kemana-mana. Pada dasarnya, pengertian transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari sebuah tempat ke tempat lainnya menggunakan bantuan kendaraan yang dapat digerakkan manusia atau mesin. Strategi komunikasi dilakukan melalui empat langkah proses Public Relations menurut (Cutlip, Center, dan Broom) dan proses sosialisasinya PT. KAI menggunakan komunikasi verbal, nonverbal, serta komunikasi organisasi yang mencangkup komunikasi internal dan juga komunikasi eksternal. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme, dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pegumpulan data yang digunakan pada data primer adalah wawancara secara langsung dan juga observasi sementara pada data sekunder teknik yang digunakan adalah teknik studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT. KAI DAOP 1 Jakarta dalam mempublikasikan dan mensosialisasikan pengembangan infrastruktur Stasiun Sentral Manggarai, menggunakan empat tahapan yaitu analisis perencanaan, pengembangan rencana, implementasi strategi komunikasi, dan evaluasi untuk mengukur keberhasilan strategi komunikasi yang dilakukan. Dalam pelaksanaan strategi komunikasi dalam mempublikasikan dan mensosialisasikan Stasiun Sentral Manggarai hampir efektif. Hal ini dikarenakan masih ada kekurangan dalam penerapan strategi komunikasi pada proses publikasi dan sosialisasi. Dimana ditemukan masih ada informasi yang disampaikan dengan ukuran waktu yang singkat. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Infrastrutktur Publik, PT. KAI, Stasiun Manggarai

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 010
Call Number: SK/42/23/021
NIM/NIDN Creators: 44219010106
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Infrastrutktur Publik, PT. KAI, Stasiun Manggarai
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.22 Kinds of Communication/Jenis-jenis Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 31 Mar 2023 04:37
Last Modified: 31 Mar 2023 04:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75761

Actions (login required)

View Item View Item