SARI, DWI ASTINA (2019) MANAJEMEN KRISIS PERUSAHAAN FEMINA GROUP (Studi Pada Penanganan Isu Public Relations Periode 2016-2018). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Halaman Judul.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03 Lembar Pengesahan.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
04 Kata Pengantar.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
05 Daftar Isi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
06 Daftar Gambar.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
07 Daftar Lampiran.pdf Download (104kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
08 Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
||
Text (BAB II)
09 Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
||
Text (BAB III)
10 Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
||
Text (BAB IV)
11 Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
||
Text (BAB V)
12 Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
14 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
Abstract
Krisis dapat dialami setiap perusahaan, tak terkecuali perusahaan media cetak seperti Femina group. Penurunan oplah atau jumlah cetak dari Femina group menjadikan masalah utama terjadinya krisis, yang menyebabkan krisis berangsur menjadi besar seperti masalah financial hingga operasional dan berdampak kepada karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat manajemen krisis perusahaan Femina Group dalam upaya penyelesaian krisis. Penelitian menggunakan beberapa konsep teori yaitu Komunikasi Organisasi yang merupakan hal penting di dalam perusahaan, Public Relation. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui pengamatan langsung, wawancara mendalam pada manajemen Femina Group, dan karyawan perusahaan. Selain itu peneliti juga menggunakan metode dokumentasi dan penelusuran data online untuk menghimpun data. Hasil penelitian menunjukan bahwa krisis yang terjadi di Femina Group berawal dari penurunan oplah atau jumlah cetak yang mencapai hampir 60% dan terjadi dimulai tahun 2016 awal. Krisis perusahaan yang berawal dari internal dan terdengar hingga pihak eksternal diawali karena desas-desus dan isu dari pihak karyawan sendiri. Perusahaan berupaya dalam menyelesaikan krisis dengan membuat sebuah rencana disebut community development, memperhatikan karyawan, memberikan simpati dan mengajak karyawan terus berpartisipasi dalam upaya penyelesaian krisis perusahaan. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa pada tahap pra krisis perusahaan tidak memiliki persiapan dalam menghadapi krisis, dan hingga saat ini perusahaan masih berada pada tahap respon krisis. Kata Kunci : Manajemen Krisis, Femina Group
Actions (login required)
View Item |