ANALISIS PEMENUHAN MEDIA INSTAGRAM @DKIJAKARTA SEBAGAI SUMBER INFORMASI PUBLIK

RAMDANI, NOVA HENDRIYANTO (2023) ANALISIS PEMENUHAN MEDIA INSTAGRAM @DKIJAKARTA SEBAGAI SUMBER INFORMASI PUBLIK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)

Abstract

The presence of new media as a means of communication has an impact on the practice of Public Relations. Information delivery activities carried out through conventional media must now also adjust to the trend of accepting new media by the public. Moreover, when the COVID-19 pandemic conditions encouraged a transition to digital. The response of followers to the fulfillment of Instagram @dkijakarta important for the DKI Jakarta Provincial Government Public Relations so that the benefits can be known. This research discusses the fulfillment of Instagram @dkijakarta as a tool to meet information needs. Researchers use the theory of uses and gratifications as the theoretical basis. The method used is a survey using a questionnaire in the form of a questionnaire with a total sample of 100 respondents from a population of 626 thousand. The results of the research obtained from a survey conducted by researchers on Instagram followers managed by the DKI Jakarta Provincial Government Public Relations as a source of public information revealed that Instagram @dkijakarta said to be able to meet the information needs of its followers. This can be proven by the high value of the motive and goal dimensions of 415.5 based on analysis using a likert scale. Keywords: Usage, Instagram, Followers, @dkijakarta, Public Information Hadirnya media baru sebagai sarana komunikasi memberikan dampak pada praktik Public Relations. Kegiatan penyampaian informasi yang dilakukan melalui media konvensional kini juga harus menyesuaikan dengan tren penerimaan media baru oleh masyarakat. Terlebih, saat kondisi pandemi COVID-19 mendorong terjadinya transisi ke arah digital. Tanggapan para followers terhadap pemenuhan Instagram @dkijakarta penting bagi Humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta supaya dapat diketahui manfaatnya. Penelitian ini membahas tentang pemenuhan Instagram @dkijakarta sebagai alat pemenuh kebutuhan informasi. Peneliti menggunakan teori uses and gratifications sebagai landasan teori. Metode yang digunakan adalah survey menggunakan angket berupa kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dari populasi sebesar 626 ribu. Hasil penelitian yang didapatkan dari survey yang dilakukan peneliti pada followers Instagram yang dikelola oleh Humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai sumber informasi publik mengungkapkan bahwa Instagram @dkijakarta dikatakan dapat memenuhi kebutuhan informasi para followers. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingginya nilai dimensi motif dan tujuan sebesar 415,5 berdasarkan analisis menggunakan skala likert. Kata Kunci: Penggunaan, Instagram, Followers, @dkijakarta, Informasi Publik

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 006
NIM/NIDN Creators: 44219010176
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Instagram, Followers, @dkijakarta, Informasi Publik
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:23
Last Modified: 17 Mar 2023 02:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75172

Actions (login required)

View Item View Item