“PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI WABAH COVID-19”

ADITAMA, SYACHDILLAH RAKA (2020) “PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI WABAH COVID-19”. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf

Download (736kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi membawa sebuah perubahan masyarakat Indonesia memiliki dan menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana guna untuk menunjukan ajang eksistensi diri kepada followers atau teman sosial media nya namun seiring dengan perubahan zaman Instagram bisa di gunakan untuk memperoleh dan menyampaikan informasi ke public. Dalam penggunaan media social yaitu Instagram sendiri, tentu seseorang memiliki berbagai motivasi, Untuk mencari tahu perkembangan sesuatu, untuk berbagi informasi dan mencari informasi maupun salah satu yang menjadi trend saat ini adalah penggunaan Instagram untuk sosialisasi coronavirus. Dikalangan masyarakat saat ini memanfaatkan media sosial sebagai ajang untuk menunjukan suatu fenomena untuk memberikan informasi yang sedang terjadi di Indonesia (coronavirus). Teori yang digunakan adalah teori media baru dan sosialisasi, media baru yang merupakan dimana digitalisasi atau konsep sebuah pemahaman dari kemajuan zaman mengenai teknologi dan sains, dari semua yang bersifat manual menjadi otomatis dan dari semua yang bersifat susah menjadi mudah. Dan Sosialisasi itu sendiri sangat penting adanya, karena jika tidak ada sosialisasi maka bisa dipastikan apapun tujuan yang kita gapai untuk diri kita sendiri ataupun untuk orang lain tidak akan pernah tercapai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus yaitu Teknik memanfaatkan narasumber. Dalam penelitian ini, penulis bertujuan untuk mengetahui peran media sosial Instagram dalam sosialisasi wabah corona virus, ingin mengetahui menggunakan fitur-fitur apa saja untuk sosialisasi di Instagram, lalu mengetahui kapan waktu memosting di Instagram dan manfaat menggunakan sosial media Instagram tersebut saat adanya wabah corona virus ini. Hasil Penelitian Menunjukan bahwa Perubahan seiring berjalannya waktu dan jaman yang pada saat ini pendekatannya bisa melalui media sosial yang akrab dengan anak muda, atau semua kalangan. Sebelum adanya perubahan ke media sosial, cara ber sosialisasi hanya di lakukan melalui tatap muka di kalangan masyarakat, rt, atau bisa di sekolah ber sosialisasi tatap muka itu biasanya memberi edukasi seperti tulisan tentang larangan membuang sampah sembarangan, mengedukasi ber gotong royong membersihkan lingkungan, sosialisasi pada saat itu di lakukan dengan cara seperti itu namun dengan perubahan jaman ke media sosial orang bisa mengingatkan atau memberi edukasi melalui media sosial tanpa harus bertatap muka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, Instagram selain di gunakan untuk meraih eksistensi diri bisa juga di gunakan sebagai media untuk bersosialisasi, Dengan Adanya Instagram bisa menjadi tempat sarana edukasi kepada orang lain khususnya folowers dan juga masyarkat karena dengan mereka mengedukasi bisa sedikit memberikan manfaat terhadap followers mereka. Kata Kunci: Instagram, Sosialisasi, Corona Virus

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44117010015
Uncontrolled Keywords: Instagram, Sosialisasi, Corona Virus
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:09
Last Modified: 13 Mar 2023 04:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75046

Actions (login required)

View Item View Item