PENGARUH INSTAGRAM @VISITBENGKULU TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PARIWISATA LOKAL (Survey Kepada Followers Akun @Visitbengkulu)

AFIF, FADHLURRAHMAN (2022) PENGARUH INSTAGRAM @VISITBENGKULU TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PARIWISATA LOKAL (Survey Kepada Followers Akun @Visitbengkulu). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
02 Cover.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
03 Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
04 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB II)
05 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB III)
06 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB IV)
07 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text (BAB V)
08 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)

Abstract

Instagram is one of the social media applications that is currently used to quickly share and meet information needs in the form of photos or videos to fellow users with growing features. One of the Instagram accounts that uses Instagram to share information is @visitbengkulu that focuses on sharing information about local tourism in Bengkulu Province. This makes researchers interested in knowing the influence of Instagram @visitbengkulu on meeting the information needs of local tourism followers. In this study, the fulfillment of audience information needs is related to the theory of Uses and Gratifications which considers audiences as active individuals and is fully responsible for the selection of media that can meet their needs. This research uses a quantitative analysis approach with the research method used, namely surveys, by distributing questionnaires in the form of Google Forms to 100 Followers of @visitbengkulu Instagram account. The results of the study obtained were the value of the correlation coefficient of 0.685, where the relationship included a strong, unidirectional and significant relationship. The Coefficient of Determination obtained a figure of 46.9% which shows that the Fulfillment of Local Tourism Information Needs Followers are influenced by the use of @visitbengkulu Instagram account. Which dimension has the most influence lies in the relationship dimension of the @visitbengkulu Instagram Account Usage variable (X) with the I follow Instagram account @visitbengkulu indicator. In the Local Tourism Information Needs Fulfillment variable (Y) which has the most influence is found in the Satisfaction dimension with the local Tourism Content indicator shared by the Instagram account @visitbengkulu can add references about the tourism you want to visit. Keywords: Instagram, Information Needs Fulfillment, Theory of Uses and Gratifications. Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang saat ini digunakan untuk membagikan dan memenuhi kebutuhan informasi dengan cepat dalam bentuk foto atau video ke sesame pengguna dengan fitur yang berkembang. Salah satu akun Instagram yang memanfaatkan Instagram untuk berbagi informasi adalah @visitbengkulu yang fokus membagikan informasi mengenai pariwisata lokal yang ada di Provinsi Bengkulu. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh instagram @visitbengkulu terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pariwisata lokal followers. Dalam penelitian ini, pemenuhan kebutuhan informasi audiens berkaitan dengan teori Uses and Gratifications yang menganggap khalayak sebagai individu yang aktif dan bertanggungjawab penuh atas pemilihan media yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan analisis kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan yaitu survey, dengan cara menyebarkan kuisioner dalam bentuk Google Form kepada 100 Followers akun Instagram @visitbengkulu. Hasil penelitian yang didapatkan adalah nilai koefisien korelasi sebesar 0,685 yang mana hubungan tersebut termasuk hubungan yang kuat, searah dan signifikan. Koefisien Determinasi diperoleh angka 46,9 % yang menunjukkan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pariwisata Lokal Followers ini dipengaruhi oleh Penggunaan Akun Instagram @visitbengkulu. Yang mana Dimensi yang memiliki pengaruh paling besar terletak pada dimensi hubungan dari variabel Penggunaan Akun Instagram @visitbengkulu (X) dengan indikator Saya mem-follow akun Instagram @visitbengkulu. Pada variabel Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pariwisata Lokal (Y) yang memiliki pengaruh paling besar terdapat pada dimensi Kepuasan dengan indikator Konten Pariwisata lokal yang dibagikan akun Instagram @visitbengkulu dapat menambah referensi mengenai pariwisata yang ingin dikunjungi. Kata kunci: Instagram, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Teori Uses and Gratifications.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 22 157
NIM/NIDN Creators: 44119010035
Uncontrolled Keywords: Instagram, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Teori Uses and Gratifications.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 28 Feb 2023 01:27
Last Modified: 28 Feb 2023 01:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/74418

Actions (login required)

View Item View Item