AMALIA, SHABRINA (2020) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK REMAJA DALAM PENGGUNAAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI KELURAHAN BUGEL RT 01 DAN 02 KOTA TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. Cover3.pdf Download (645kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
9. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
||
Text (BAB II)
10. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
||
Text (BAB III)
11. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
||
Text (BAB IV)
12. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
Text (BAB V)
13. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
Abstract
Penggunaan smartphone bisa memberikan informasi dengan mudah terhadap remaja yang berstatus pelajar. Tetapi terkadang smartphone disalahgunakan dengan penggunaan smartphone secara berlebihan. Sehingga akan menyita banyak waktu, seperti waktu belajar berkurang dan dapat menggangu konsentrasi belajar. Hal ini dapat mengganggu motivasi belajar baik di sekolah maupun di rumah serta menghambat motivasi belajar untuk mencapai prestasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara orang tua mengkomunikasikan kepada anak – anak mereka dalam penggunaan smrartphone terhadap motivasi belajar. Komunikasi Interpersonal dapat terjalin dalam sebuah keluarga yang melibatkan komunkasi antara anak remaja dan orang tua khususnya Ibu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumupulan data wawancara mendalam dengan narsumber dan dilengkapi beberapa dokumentasi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis. Teknik keabsahan data yang digunakan tringulasi yaitu tringulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan orang tua dan anak menyadari adanya penurunan motivasi belajar semenjak adanya smartphone dikalangan pelajar. Orang tua memberikan fasilitas smartphone tanpa adanya pengarahan terlebih dahulu bagaimana penggunaan smartphone dengan bijak. Setelah mengalami penurunan motivasi belajar kemudian terjalinnya komunikasi, orang tua berdiskusi tentang dampak smartphone lalu memberikan tindakan dan arahan. Lalu anak menerima serta menuruti tindakan yang diberikan oleh orang tua Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Orang Tua & Anak Remaja, Smartphone
Actions (login required)
View Item |