PENGARUH KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @TABU.ID TERHADAP KOMUNIKASI ANTARPRIBADI GENERASI MUDA MENGENAI SEX EDUCATION

NUSANTARA, SHAFIRA DAYA (2022) PENGARUH KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @TABU.ID TERHADAP KOMUNIKASI ANTARPRIBADI GENERASI MUDA MENGENAI SEX EDUCATION. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pusaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)

Abstract

This study aims to determine the effect of the content of the Tabu.id Instagram social media account in the interpersonal communication of the younger generation as an online platform for sex education education for the younger generation as measured by their content messages that affect the way the younger generation engages in interpersonal communication. The data used in this study amounted to 50 samples who are members of the Young Tabu Fighters community as well as followers of the Tabu.id Instagram account. The sampling technique was carried out by means of Non Probability Sampling - Saturated samples. The data analysis technique used is descriptive analysis to measure the effect of content using the uses and gratification theory in the form of Media Content (X) while the dependent variable (Y) is based on the theory of Social Penetration - Interpersonal Communication according to Irwin Altman and Damas Taylor. This research method uses a survey method, a positivism research paradigm, with a descriptive type of research and a quantitative approach to describe clearly and in detail the problem being studied by the researcher. The results of this study indicate that the Instagram tabu.id social media account has an effect on interpersonal communication carried out by the younger generation. Every time increasing the influence of media content by 1 unit (1%) it will increase interpersonal communication by 0.540 units (54%). Keyword : social media influence, content message. interpersonal communication Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten akun sosial media instagram Tabu.id dalam komunikasi antar pribadi generasi muda sebagai salah satu platform online untuk edukasi pendidikan seks bagi generasi muda yang diukur berdasarkan pesan konten mereka yang mempengaruhi cara generasi muda dalam melakukan komunikasi antar pribadi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 sampel yang merupakan anggota komunitas Pejuang Muda Tabu sekaligus pengikut akun instagram Tabu.id. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cara Non Probability Sampling - Sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis deskriptif untuk mengukur pengaruh konten dengan menggunakan teori uses and gratification berupa Konten Media (X) sedangkan variabel dependen (Y) berdasarkan teori Penetrasi Sosial - Komunikasi Antar Pribadi menurut Irwin Altman dan Damas Taylor. Metode penelitian ini menggunakan metode survei, paradigma penelitian positivisme, dengan tipe penelitian deskriptif dan pendekatan kuantitatif untuk menggambarkan secara jelas dan terperinci mengenai masalah yang sedang diteliti oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akun media sosial instagram tabu.id berpengaruh bagi komunikasi antar pribadi yang dilakukan oleh generasi muda. Setiap meningkatkan pengaruh konten media sebesar 1 satuan (1%) makan akan meningkatkan komunikasi antarpribadi sebesar 0,540 satuan (54%). Kata Kunci : pengaruh media sosial, pesan konten. komunikasi antar pribadi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 22 091
NIM/NIDN Creators: 44318110078
Uncontrolled Keywords: pengaruh media sosial, pesan konten. komunikasi antar pribadi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 21 Jan 2023 03:25
Last Modified: 21 Jan 2023 03:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73618

Actions (login required)

View Item View Item