RANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS WEBSITE E-COMMERCE TERBESAR DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 & E-RECS-QUAL

SHADRINA, AMALINA (2020) RANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS WEBSITE E-COMMERCE TERBESAR DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 & E-RECS-QUAL. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (BAB II)
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text (BAB III)
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (BAB IV)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text (BAB V)
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text (BAB VI)
14. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)

Abstract

Indonesia merupakan pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara dengan kontribusi hingga lima puluh persen dari seluruh transaksi di wilayah ini. Ditengah berkembangnya e-commerce yang semakin pesat, terdapat banyak keluhan yang harus diperbaiki pada e-commerce seperti barang yang diterima tidak sesuai dengan pesanan, pembatalan pesanan secara sepihak, sistem refund yang sangat lamban, serta customer service yang kurang tanggap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas website e-commerce, mengetahui atribut mana saja yang membutuhkan perbaikan serta melakukan rancangan perbaikan pada website e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan Importance Performance Analysis berdasarkan metode Webqual 4.0 yang terdiri dari 5 dimensi dengan 22 atribut dan juga metode E-Recovery Website Quality yang terdiri dari 3 dimensi dengan 11 atribut. Penelitian ini menggunakan data dari 103 responden yang menggunakan website e-commerce Shopee dan Tokopedia. Hasil kuesioner melalui uji validitas dan uji reliabilitas yang digunakan untuk menganalisis keandalan item dan layak atau tidaknya hasil kuesioner. Temuan menunjukkan terdapat 8 atribut yang berpengaruh pada kepuasan pelanggan akan tetapi masih jauh dari ekpektasi, sehingga perlu dijadikan fokus perbaikan. Rancangan perbaikan kualitas website e-commerce Tokopedia digambarkan melalui House Of Quality (HOQ) dengan 7 karakteristik teknik yang diperlukan untuk perbaikan kualitas website e-commerce, sehingga dapat dilakukan strategi manajemen pemasaran yang efektif untuk mengatasi ketatnya persaingan di industri E-commerce. Kata Kunci: Website quality, Webqual 4.0, E-RecS-Qual, E-commerce, HOQ, Customer satisfaction

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55318110046
Uncontrolled Keywords: Website quality, Webqual 4.0, E-RecS-Qual, E-commerce, HOQ, Customer satisfaction
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 001 Knowledge/Ilmu Pengetahuan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 001 Knowledge/Ilmu Pengetahuan > 001.4 Research; Statistical Methods/Riset; Metode Statistik
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 29 Aug 2022 07:41
Last Modified: 29 Aug 2022 07:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68620

Actions (login required)

View Item View Item