TRIDARMANINGRUM, NIKMAH AFIANA (2020) EFEKTIVITAS PESAN KAMPANYE INDONESIA TANPA PACARAN TERHADAP MENDORONG MINAT NIKAH MUDA DI KALANGAN GENERASI Z (Studi dilakukan pada Followers Akun Instagram @Indonesiatanpapacaran). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
COVERR.pdf Download (426kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (968kB) |
Abstract
Seiring dengan berkembangnya dunia digital di Indonesia, Kampanye mengenai keagamaan mulai merambah pula ke media sosial. Salah satunya adalah akun @indonesiatanpapacaran yang memposisikan akunnya sebagai media syiar untuk anak muda menjauhi pacaran. Kegiatan akun ini tidak hanya dalam dunia digital namun juga merambah ke dunia nyata melalui bentuk aktualisasi diri para member akun @indonesiatanpapacaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Efektivitas pesan kampanye Indonesia Tanpa Pacaran terhadap Minat Nikah Muda bagi Generasi Z (Studi pada followers akun instagram @indonesiatanpapacaran). Penelitian ini bersifat kuantitatif Eksplanatif dengan menggunakan pendekatan penelitian survei. Peneliti menggunakan 100 responden sebagai sampel dengan Teknik Probabilitas Acak Sederhana (Morrisan, 2015) Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pesan kampanye akun Instagram Indonesia Tanpa Pacaran efektif mendorong minat nikah muda di generasi Z. Hal tersebut sesuai dengan hasil uji analisis korelasi spearman sebesar 0,751 dari Critical Values (Rs) sebesar 0,197. Selain itu, terdapat hubungan positif antara variabel X dan Y dari nilai positif yang dihasilkan dari uji tersebut. Kata Kunci: Pesan Kampanye, Sosial Marketing, Instagram, Indonesia Tanpa Pacaran dan Generasi Z
Actions (login required)
View Item |