MUREN, ANDRA REFINA (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CHANNEL YOUTUBE CEK & RICEK DALAM MEMPERKENALKAN CHANNEL BARU CEK & RICEK KEPADA MASYARAKAT TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
Cover.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Lembar Pengesahan.pdf Download (420kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
||
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
||
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
||
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
Abstract
This study aims to determine the Marketing Communication Strategy of Youtube Cek & Ricek Channel in Introducing the New Channel Cekk & Ricek to the Public in 2019. The theory used in this research is the theory of marketing communication strategies namely informing the audience, determining the purpose of communication, reminding the target audience, persuading the audience target, choose the media. The research method used was descriptive qualitative by conducting structured interviews with informants. Sources of data used by researchers are information sourced from several informants interviewed by researchers, data collection is done through online interviews, online interviews are chosen based on agreement between the researcher and several informants, the researchers choose in accordance with the research researchers. The results of this study, it can be concluded that the selection of social media, more precisely youTube for its movement from print media to online media due to the development of the times that are increasingly growing. The three important things in marketing communication namely push strategy, pull strategy, and pass strategy have no effect in promoting the new youTube channel Cek & Ricek, because Cek & Ricek excellence for 21 years has made the company Cek & Ricek no difficulty in introducing the new youTube Cek & Ricek channel without using the three important things that are in marketing communication. From the description above it is clearly illustrated that the role of youTube channel as a promotional media plays a very important role to reach the Cek & Ricek tabloid readers whose publishers have stopped publishing and then try to be transferred to readers and viewers on the Cek & Ricek digital media platform. Keywords : Strategy, Marketing Communication, YouTube Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran Channel Youtube Cek & Ricek Dalam Memperkenalkan Channel Baru Cek & Ricek Kepada Masyarakat Tahun 2019. Teori yang digunakan penelitian ini adalah teori strategi komunikasi pemasaran yaitu menginformasikan kepada khalayak, menentukan tujuan komunikasi, mengingatkan khalayak sasaran, membujuk khalayak sasaran, memilih media. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara terstruktur kepada narasumber. Sumber data yang digunakan oleh peneliti adalah informasi yang bersumber dari beberapa narasumber yang peneliti wawancara, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara online, wawancara online dipilih atas dasar kesepakatan antarapeneliti dengan beberapa narasumber, yang peneliti pilih yang sesuai dengan penelitian peneliti. Hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pemilihan media sosial, lebih tepatnya youTube atas perpindahannya dari media cetak ke media online dikarenakan perkembangan zaman yang semakin hari semakin berkembang. Ketiga hal penting dalam komunikasi pemasaran yaitu push strategi, pull strategi, dan pass strategi tidak berpengaruh dalam mempromosikan channel youTube baru Cek & Ricek, dikarenakan keeksisan Cek & Ricek selama 21 tahun membuat perusahaan Cek & Ricek tidak kesulitan dalam memperkenalkan channel baru youTube Cek & Ricek tanpa menggunakan ketiga hal penting yang ada dalam komunikasi pemasaran. Dari uraian – uraian diatas tergambar jelas bahwa peran channel youTube sebagai media promosi memegang peran sangat penting untuk menjangkau pembaca tabloid Cek & Ricek yang telah dihentikan penerbitnya untuk kemudian coba dialihkan menjadi pembaca dan penonton di platform media digital Cek & Ricek. Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, YouTube
Actions (login required)
View Item |