PENGARUH TERPAAN ISI PESAN KAMPANYE TAGAR 2019 GANTI PRESIDEN TERHADAP PERSEPSI DAN SIKAP FOLLOWERS AKUN TWITTER #2019GANTIPRESIDEN YANG DIKELOLA OLEH ADMIN @ANGGRAINI_4YU

RARASATI, DWI (2021) PENGARUH TERPAAN ISI PESAN KAMPANYE TAGAR 2019 GANTI PRESIDEN TERHADAP PERSEPSI DAN SIKAP FOLLOWERS AKUN TWITTER #2019GANTIPRESIDEN YANG DIKELOLA OLEH ADMIN @ANGGRAINI_4YU. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1.Cover - Rarasati Syarief.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2.Bab 1 - Rarasati Syarief.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (BAB II)
3.Bab 2 - Rarasati Syarief.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text (BAB III)
4.Bab 3 - Rarasati Syarief.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (BAB IV)
5.Bab 4 - Rarasati Syarief.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text (BAB V)
6.Bab 5 - Rarasati Syarief.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7.Daftar Pustaka - Rarasati Syarief.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8.Lampiran - Rarasati Syarief.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)

Abstract

The use of social media such as Twitter has changed. It is used not only to deliver personal messages or personal opinion to netizens, but also serves as a political channel. The use of social media to convey a politician's message is evident during the election. Rallying votes by attracting netizens attention to gain significant influence in the physical world is done easier with Twitter. Particularly, political issues raised by political figures. After emerging as one of the popular topic in public, the #2019GantiPresiden hashtag was converted into a Twitter account by the presidential candidate number 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno sympathizers. Political Public Relations is a mix of Public Relations, which is under the communications discipline, with political studies. According to Romy Frohlich, Political Public Relations is a work to serve the public by bringing a number of issues to the public's attention (2008: 1). The methodology used in this study is associative survey. It explains the relationship (correlation) between variables. There were 74 respondents who are @anggraini_4yu followers participated in this study by filling a questionnaire. This study proves the theory of linear mass communication with the stimulus-response communication model, which is a reaction to a particular stimulus. As a result, we can explain the connection between messages on the media and the audience reactions. The main elements of this theory are the message (stimulus), receiver, and effects (response). Followers as receivers of the #2019GantiPresiden campaign messages managed by admin @ Anggraini_4yu can read the entire message content delivered directly (consciously or unwittingly) and respond to the contents of the message. Keyword: Public Relations, Campaign Exposure, Perception, and Attitude. Penggunaan media sosial Twitter yang terjadi saat ini telah berubah bukan sekadar menjadi media sosial untuk menyampaikan pesan secara pribadi atau pendapat pribadi kepada para warga di dunia maya (netizen). Penggunaan media Twitter sebagai corong kampanye politik sangat terlihat jelas menjadi media politisi terutama menjelang Pemilu. Penggalangan suara melalui Twitter dinilai lebih mudah menjadi perhatian netizen dan membawa pengaruh signifikan di dunia nyata, terutama mengenai isu-isu politik yang disampaikan oleh para tokohtokoh politik. Setelah muncul sebagai topik yang populer di masyarakat, tagar #2019GantiPresiden dijadikan sebagai nama akun gerakan oleh simpatisan calon presiden nomor urut 02 yaitu pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno. Public Relations Politik merupakan bauran dalam bidang keilmuan dari keilmuan Public Relations yang berada di ranah keilmuan komunikasi dan politik yang berada di ranah kajian Ilmu Politik. Menurut Romy Frohlich, Public Relations Politik adalah sebuah kerja melayani publik dengan membawa sejumlah isu untuk menjadi perhatian publik (2008:1). Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey bersifat asosiatif yang menjelaskan hubungan (korelasi) antar variabel. Dalam hasil penelitian yang dilakukan terdapat 74 responden follower @Anggraini_4yu yang menyempatkan waktunya untuk mengisi kuesioner. Hasil penelitian dapat membuktikan teori komunikasi massa linear dengan model komunikasi stimulus respons, yang merupakan reaksi terhadap stimulus tertentu. Dengan demikian, seseorang dapat menjelaskan suatu kaitan antara pesan pada media dan reaksi audiens dimana elemen utama dari teori ini adalah pesan (stimulus), receiver (seorang penerima), dan efek (respons). Para follower selaku penerima pesan-pesan kampanye #2019GantiPresiden yang dikelola oleh admin @Anggraini_4yu dapat membaca secara keseluruhan isi pesan yang disampaikan secara langsung (disadari atau tanpa disadari) dan akan memberikan respons terhadap isi pesan tersebut. Keyword: Public Relations, Terpaan Kampanye, Persepsi, dan Sikap.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44217110005
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Terpaan Kampanye, Persepsi, dan Sikap.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:25
Last Modified: 18 Mar 2022 02:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58261

Actions (login required)

View Item View Item