MELANI, SUZAN (2017) IDE KREATIF PROGRAM KORMA (KONGKOW RAMADHAN) MP4 DALAM MENGEMBANGKAN SEGMENTASI PEMIRSA YM TELEVISI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HALAMAN COVER)
1 HAL COVER.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2 abstrak.pdf Download (34kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
||
Text (BAB II)
4 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
||
Text (BAB III)
5 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
||
Text (BAB IV)
6 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
Text (BAB V)
7 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8 Daftar Pustaka _ Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
Abstract
Televisi merupakan salah satu media massa yang paling banyak diminati masyarakat saat ini. Pada saat ini program hard news atau berita yang bersifat keras kurang diminati masyarakat. Karna itulah banyak stasiun televisi yang menyajikan talk show yang bersifat religi saat bulan Ramadhan. Agar suatu program religi saat bulan ramadhan lebih menarik disajikan kepada pemirsa, maka diperlukan ide kreatif yang menarik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ide kreatif dalam mengembangkan segmentasi pemirsa YM Televisi pada program Kongkow Ramadhan (korma) MP4. Kongkow Ramadhan merupakan program religi yang tayang pada bulan Ramadhan yang dikemas secara baik dengan tema-tema terkini dengan memperhatikan tidak berunsur sara atau hal buruk lainnya yang menyinggung umat beragama. Dalam program Kongkow Ramadhan MP4 ini kita mengetahui lebih dalam umat muslim itu apa, dari hukum islam seperti apa dan tayangan musik yang berbau muslim juga seperti apa yang berkembang diluar negeri saat ini. Kongkow Ramadhan MP4 hadir setiap harinya selama bulan Ramadhan dengan durasi 240 menit. Studi yang konsep dengan sederhana tidak mengurangi ide kreatif program yang ada di YM Televisi ini. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus dengan menggunakan wawancara mendalam kepada narasumber yaitu tim kreatif itu sendiri. Teknik pengumpulan data primer berupa hasil wawancara dengan tim produksi Kongkow Ramadhan MP4. Fokos penelitian dipakai dalam buku freed Wibowo dimana fokus penelitian ide kreatif ini lebih kepada preparation, incubation, illumination, verification. Berdasarkan hasil penelitian ide kreatif dalam mengembangkan segmentasi pemirsa YM Televisi, dapat disimpulkan bahwa ide kreatif dalam program Kongkow Ramadhan MP4 adalah penting karena ide dibutuhkan agar tayangan yang disajikan kepada pemirsa televisi menarik dan memperhatikan undang-undang pers. Unsur-unsur kreatif sangatlah kental. Seperti terdapatnya narasumber artis yang muallaf, artis yang baru mengenakan hijab dan tidak lupa dengan narasumber dari tokoh agama serta tata letak studio yang sederhana disesuaikan dengan konsep acara.
Actions (login required)
View Item |