STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM KERJA KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEMBANGUNAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN (KEMENKO PMK), DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MASYARAKAT MELALUI INSTAGRAM

WIDYANTO, FAJAR (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM KERJA KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEMBANGUNAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN (KEMENKO PMK), DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MASYARAKAT MELALUI INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL JUDUL)
01] halaman judul.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
04] abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03] surat pernyataan.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02] lembar pengesahan.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05] kata pengantar.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06] daftar isi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07] daftar tabel.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
09] daftar gambar.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10] daftar lampiran.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
12] bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB II)
13] bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text (BAB III)
14] bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB IV)
15] bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
16] bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17] daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18] lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemenko PMK belum dikenal oleh masyarakat luas terkait program kerja yang ditangani, serta tugas dan fungsi dalam pemerintahan. Kemenko PMK memiliki tujuan dalam penggunaan akun instagram yaitu menampilkan kegiatan dan program Kemenko PMK guna memberikan informasi dan pemahaman, serta sarana mempromosikan Kemenko PMK kepada masyarakata luas. Tujuan penelitian penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Strategi Komunikasi apa saja yang digunakan oleh Kemenko PMK dalam Membangun Brand Awareness Masyarakat Melalui akun Instagram @kemenko_pmk. Strategi komunikasi merupakan suatu seni dalam menentukan posisi, dan harus didukung oleh teknik komunikasi yang baik, metode penyampaian dan pemilihan media yang tepat. Kehadiran internet ditengah-tengah kehidupan masyarakat merupakan awal dari munculnya Media baru (New Media). Salah satu media baru yang digunakan dalam penelitian ini adalah instagram. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis, dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deksriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian hasil penelitian disajikan dalam bentuk tulisan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Mengenali sasaran komunikasi yaitu penetapan target audien yang ingin dicapai oleh @kemenko_pmk sendiri, targetnya dari akun instagram @kemenko_pmk adalah seluruh masyarakat Indonesia pengguna instagram terutama followernya. (2) Pemilihan media, Kemenko PMK memilih media instagram dengan akun @kemenko_pmk karena sebagai media yang efektif. Selain itu media instagram saat ini yang sedang diminati. (3) Pengkajian tujuan pesan komunikasi, Aktivitas komunikasi yang dilakukan melalui instagram @kemenko_pmk menggunakan berbagai macam fitur yang sering dilakukan yaitu unggah foto (photo upload), penggunaan judul foto (caption) dengan pemilihan kata yang mudah dipahami dan disesuaikan dengan gambar yang ditampilkan. Tagar (hastag) sesuai tema kegiatan yang dilaksanakan. Penggunaan Mentions Karena tidak jarang kementerian lain merepost, Serta komentar sebagai salah satu bentuk komunikasi 2 arah dengan khalayak. (4) Peranan komunikator dalam menyampaikan pesan harus memiliki daya Tarik dan memiliki kredibilitas. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Brand Awareness, Instagram, Kemenko PMK

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 19 029
NIM/NIDN Creators: 44317110080
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Brand Awareness, Instagram, Kemenko PMK
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 16 Feb 2022 00:00
Last Modified: 11 Mar 2023 08:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56161

Actions (login required)

View Item View Item