WIDYANTO, FAJAR (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM KERJA KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEMBANGUNAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN (KEMENKO PMK), DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MASYARAKAT MELALUI INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
01] halaman judul.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
04] abstrak.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03] surat pernyataan.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02] lembar pengesahan.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05] kata pengantar.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06] daftar isi.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07] daftar tabel.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
09] daftar gambar.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10] daftar lampiran.pdf Download (83kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
12] bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
||
Text (BAB II)
13] bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (704kB) |
||
Text (BAB III)
14] bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
Text (BAB IV)
15] bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
16] bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
17] daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
18] lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kemenko PMK belum dikenal oleh masyarakat luas terkait program kerja yang ditangani, serta tugas dan fungsi dalam pemerintahan. Kemenko PMK memiliki tujuan dalam penggunaan akun instagram yaitu menampilkan kegiatan dan program Kemenko PMK guna memberikan informasi dan pemahaman, serta sarana mempromosikan Kemenko PMK kepada masyarakata luas. Tujuan penelitian penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Strategi Komunikasi apa saja yang digunakan oleh Kemenko PMK dalam Membangun Brand Awareness Masyarakat Melalui akun Instagram @kemenko_pmk. Strategi komunikasi merupakan suatu seni dalam menentukan posisi, dan harus didukung oleh teknik komunikasi yang baik, metode penyampaian dan pemilihan media yang tepat. Kehadiran internet ditengah-tengah kehidupan masyarakat merupakan awal dari munculnya Media baru (New Media). Salah satu media baru yang digunakan dalam penelitian ini adalah instagram. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis, dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deksriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian hasil penelitian disajikan dalam bentuk tulisan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Mengenali sasaran komunikasi yaitu penetapan target audien yang ingin dicapai oleh @kemenko_pmk sendiri, targetnya dari akun instagram @kemenko_pmk adalah seluruh masyarakat Indonesia pengguna instagram terutama followernya. (2) Pemilihan media, Kemenko PMK memilih media instagram dengan akun @kemenko_pmk karena sebagai media yang efektif. Selain itu media instagram saat ini yang sedang diminati. (3) Pengkajian tujuan pesan komunikasi, Aktivitas komunikasi yang dilakukan melalui instagram @kemenko_pmk menggunakan berbagai macam fitur yang sering dilakukan yaitu unggah foto (photo upload), penggunaan judul foto (caption) dengan pemilihan kata yang mudah dipahami dan disesuaikan dengan gambar yang ditampilkan. Tagar (hastag) sesuai tema kegiatan yang dilaksanakan. Penggunaan Mentions Karena tidak jarang kementerian lain merepost, Serta komentar sebagai salah satu bentuk komunikasi 2 arah dengan khalayak. (4) Peranan komunikator dalam menyampaikan pesan harus memiliki daya Tarik dan memiliki kredibilitas. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Brand Awareness, Instagram, Kemenko PMK
Actions (login required)
View Item |