SASMITA, RIZKY BENY (2018) REPRESENTASI POLA ASUH IBU DALAM IKLAN DANCOW DAN SGM DALAM MEMPERINGATI HARI IBU (Analisis Semiotika Iklan Menurut Teori Roland Barthes). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
Cover.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (19MB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Lembar Pengesahan.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
Kata Pengantar.pdf Download (19MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (23MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
Daftar Tabel.pdf Download (38MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
Daftar Gambar.pdf Download (33MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
Abstract
Ada berbagai iklan susu, para penggiat iklan memiliki cara tersendiri dalam menyampaikan pesan dalam iklan. Untuk itu peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana persamaan representasi yang ditunjukkan oleh iklan Dancow dan SGM yang berhubungan dengan pola asuh terhadap anak. Penelitian ini digunakan untuk melihat sudut pandang lain dalam memberikan pesan pada iklan. Iklan ini merepresentasikan bagaimana gambaran seorang ibu dalam memberikan pola asuh kepada anaknya. Representasi sendiri memiliki makna sebagai penggambaran kembali fenomena yang ada kemudian ditampilkan ke dalam sebuah iklan. Selain itu, seorang ibu ini juga menggunakan teori feminism dimana para kaum feminism memiliki kedudukan dan mengerjakan pekerjaan yang dilakukan oleh pria. Seorang ibu disini memiliki karakteristik sebagai pelindung dan guru bagi anaknya sebagai bentuk pola asuh yang diberikan. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif yang dimana menggunakan semiotika sebagai dasar penelitian yang kemudian dibahas menggunakan teori representasi. Objek penelitian yang digunakan adalah potongan scene pada iklan Dancow dan SGM yang diambil dari iklan TVC. Pada hasil penelitian ini iklan Dancow ingin menunjukkan bagaimana bentuk pola asuh yang baik dari generasi ke generasi sedangkan iklan SGM ingin menunjukkan bagaimana peranan seorang ibu dalam memberikan pola asuh kepada anaknya. Keduanya memiliki persamaan yaitu ingin menunjukkan bagaimana rasa cinta yang besar terhadap sang ibu kepada anaknya di dalam iklan keduanya. Sebaliknya sang anak pun memberikan rasa cinta yang besar juga kepada sang ibu sebagai bentuk membalas pengorbanan yang diberikan kepadanya. Kata kunci : Peranan Ibu, pola asuh, rasa kasih sayang, mitos
Actions (login required)
View Item |