RAHAYU, NIKEN PRATININGTIAS (2019) PERSONAL IMAGE BRANDING PUBLIC FIGURE DALAM MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS AKUN INSTAGRAM ANNOUNCER CNN INDONESIA: ALFIAN RAHARDJO). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
01] COVER.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
04] ABSTRAK.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02] LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03] LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05] KATA PENGANTAR.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06] DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
07] DAFTAR GAMBAR.pdf Download (103kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
08] BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
||
Text (BAB II)
09] BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
||
Text (BAB III)
10] BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
||
Text (BAB IV)
11] BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
12] BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13] DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
14] LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (879kB) |
Abstract
Media sosial sedang berkembang pesat dizaman globalisasi, public figure pun sedang berlomba-lomba untuk membangun personal branding yang ia miliki melalui media sosial. Personal branding sangat penting untuk dibangun, terutama bagi tokoh publik. Dengan adanya personal branding yang kuat, para tokoh publik akan mendapatkan reputasi dan kepercayaan sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Memilih Alfian Rahardjo sebagai subjek penelitian, penelitian ini ingin mengetahui bagaimana personal branding dari tokoh publik di Indonesia itu. Personal branding cenderung merupakan cara menentukan siapa diri kita yang sebenarnya. Dengan demikiann, personal branding muncul dari komponen utama yang dapat dijadikan sebagai bahan personal brand seseorang, diantranya : nilai, kemampuan dan keterampilan, perilaku, penampilan,, keunikan, prestasi, kekuatan, otentik, dan tujuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan melakukan wawancara kepada 5 narasumber (tokoh publik, istri, teman sesama profesi, dan 2 followers) dan observasi mendalam. Paradigma yang dipakai adalah konstruktivisme, dengan pendekatan kualitatif tipe desriptif studi kasus. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Alfian Rahardjo memperkenalkan kepada masyarakat bahwa beliau adalah seorang anchor yang sudah berusia tetapi tetap mempunyai eksistensinya di dalam media sosial instagram. Selain itu, dalam sisi lain Alfian menonjolkan bahwa suatu sisi lain yang berbeda dimana masyarakat menilaii Alfian sebagai news anchor CNN Indonesia, beliau ingin memperlihatkan bahwa beliau juga seorang public figure, seorang ayah dan suami yang sayang kepada keluarganya yang dikonseptualisasikan dalam media sosial instagramnya Kata Kunci : Personal branding, pubic figure, media sosial instagram
Actions (login required)
View Item |