PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI DIVISI MARKETING UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA

MAULANA, AJIE BAGUS (2020) PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI DIVISI MARKETING UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
8 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (BAB II)
9 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (BAB III)
10 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB IV)
11 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text (BAB V)
12 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)

Abstract

Augmented Reality (AR) is part of the Environment Reality (ER) or better known as Virtual Reality (VR). Virtual Reality, which is part of the new media works by creating a 2D or 3D applications into the real world in real time. Broadly speaking, the difference in Virtual Reality and Augmented Reality on the part of the user interaction, where the user can interact Augmented Reality directly by listening, seeing, and touching the application that runs in real time. Through augmented reality excellence that provide interaction and easy to do for users of social media, augmented reality has a chance of media promotion. The promotions will be shown in this research is the promotion of educational institutions at the University of Mercu Buana. Promotions by using augmented reality admittedly very suitable, , because the market of this educational institution is young people who are very close to the digital world, especially gadgets. The purpose of this is adding scientific penlitian about android application design as part of the communication media. The analysis method to be used in this research is SWOT analyst and SOSTAC Stratgyc which admittedly very suitable to studies that focus on the design. Results from this study is the designer and author of the report have a new experience in terms of designing and implementing content is the design of interactive information through the media this mobile application. Suggestion research needs to the development of technology in other fields, so that all areas can go hand in hand in the face of the revolution 4.0. Keywords: Augmented Reality, Promotion, Marketing Augmented Reality (AR) merupakan bagian dari Environment Reality (ER) atau yang lebih dikenal sebagai Virtual Reality (VR). Virtual Reality yang merupakan bagian dari media baru bekerja dengan cara mewujudkan aplikasi 2D ataupun 3D kedalam dunia nyata secara real time. Secara garis besar perbedaan Virtual Reality dan Augmented Reality pada bagian interaksi terhadap pengguna, dimana pada Augmented Reality pengguna dapat berinteraksi secara langsung dengan cara mendengarkan, melihat, serta menyentuh aplikasi yang berjalan secara real time. Melalui keunggulan augmented reality yang memberikan hubungan interaksi yang mudah dilakukan untuk pengguna social media, augmented reality memiliki peluang sebagai media promosi. Adapun promosi yang akan ditunjukan dalam penelitian ini adalah promosi tentang lembaga pendidikan pada Universitas Mercu Buana. Promosi dengan menggunakan augmented reality diakui sangat cocok, karena pasar dari lembaga pendidikan ini adalah anak muda yang sangat dekat dengan dunia digital khususnya gadget. Tujuan penlitian ini ialah Menambahkan keilmuan tentang perancangan aplikasi android sebagai bagian dari media komunikasi. Metode Analisis yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah analis SWOT dan SOSTAC Strategy yang mana diakui sangat cocok terhadap penelitian yang fokus pada perancangan. Hasil dari penelitian ini adalah perancang dan penyusun laporan ini memiliki pengalaman baru dalam hal merancang dan mengimplementasikan konten yang merupakan rancangan informasi interaktif melalui media mobile application ini. Saran penelitian perlu adanya perkembangan teknologi di bidang lainnya, agar semua bidang bisa berjalan beriringan dalam menghadapi revolusi 4.0. Kata Kunci: Media, Promosi, Augmented Reality.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KD. 20 001
Call Number: SK/45/21/004
NIM/NIDN Creators: 44516010001
Uncontrolled Keywords: Media, Promosi, Augmented Reality
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.3 Bibliographies by Specific Forms/Bibliografi dan Katalog dengan Bentuk Khusus > 011.37 Visual and Audio Visual Media/Media Visual dan Audio Visual
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: Putra Arsy Anugrah
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:54
Last Modified: 21 Jun 2023 06:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/52417

Actions (login required)

View Item View Item