STRATEGI PROMOSI KASKUS PODCAST MELALUI BAURAN PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KASKUSER (Studi Kasus pada Divisi Marketing Kaskus Tahun 2019)

ARIESTA, KHAIRINA (2020) STRATEGI PROMOSI KASKUS PODCAST MELALUI BAURAN PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KASKUSER (Studi Kasus pada Divisi Marketing Kaskus Tahun 2019). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)

Abstract

The development of technology have brought impact to the appearance of new media, one of them is podcast media. As a new media, podcasts certainly have a variety of uniqueness and advantages when being compared to other information media. Seeing through the uniqueness of this media, KASKUS makes podcasts a new media where they manage an introduction to their consumers in order to spread the information media used on the KASKUS platform in 2019. Therefore, the promotion strategy is one of the appropriate activities to introduce a product to consumers, for the product to be widely known. The concept used in this research is an efficient and effective promotion strategy process by analyzing the communication process carried out by the marketing division in regards to the planning of the IMC program, selecting the mixture of promotion and evaluating the impact on the introduction of podcast media to Kaskuser. This research uses a constructivist paradigm with a descriptive type of research using a case study method with a qualitative approach, where the data collection technique will be counducted through in-depth interviews with informants. The results showed that the KASKUS podcast promotion strategy through the mixed promotion to raise Kaskuser brand awareness in 2019 carried out all IMC stages in determining the mixture of promotion and conducting program evaluations. The mixed promotion used consist of interactive marketing, online media advertising and events and public relations. The results gained from this promotion strategy is a raise in the introduction of KASKUS podcast to Kaskuser. Keywords : Promotion Strategy, Promotion Mix, KASKUS Podcast, Brand awareness Perkembangan teknologi membuat media baru bermunculan, salah satunya media podcast. Sebagai media baru, podcast tentu memiliki berbagai macam keunikan dan kelebihan jika dibandingkan dengan media informasi lainnya. Melihat keunikan media ini, KASKUS menjadikan podcast sebagai media baru yang ingin diperkenalkan kepada konsumen mereka untuk bisa memperluas lagi media informasi yang digunakan pada platform KASKUS pada tahun 2019. Oleh karena itu, strategi promosi merupakan salah satu kegiatan yang sesuai untuk memperkenalkan suatu produk kepada konsumen agar dikenal secara luas. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah proses strategi promosi yang efisien dan efektif dengan melakukan analisis proses komunikasi yang dilakukan oleh divisi marketing dalam merencanakan program IMC, pemilihan bauran promosi dan evaluasi yang berdampak dalam pengenalan media podcast kepada Kaskuser. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan tipe penelitian deskriptif menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dimana teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi KASKUS podcast melalui bauran promosi untuk meningkatkan brand awareness Kaskuser pada tahun 2019 melakukan keseluruhan tahapan IMC dalam menentukan bauran promosi serta melakukan evaluasi program. Bauran promosi yang digunakan adalah pemasaran interaktif, iklan media online serta event dan hubungan masyarakat. Hasil yang didapatkan dari strategi promosi tersebut adalah peningkatan pengenalan KASKUS podcast terhadap Kaskuser. Kata kunci: Strategi Promosi, Bauran Promosi, KASKUS Podcast, Brand awareness

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 20 056
Call Number: SK/43/21/044
NIM/NIDN Creators: 44318110070
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Bauran Promosi, KASKUS Podcast, Brand awareness
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.22 Kinds of Communication/Jenis-jenis Komunikasi > 302.224 Verbal Communication/Komunikasi Verbal > 302.2242 Oral Communication/Komunikasi Oral
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 384 Communications Telemunications/Komunikasi Telekomunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Putra Arsy Anugrah
Date Deposited: 09 Jan 2023 04:01
Last Modified: 11 Feb 2023 07:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51475

Actions (login required)

View Item View Item