HENDRIYATI, CAHAYA (2021) PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA LAYANAN VIP AIRPORT ASSISTANCE HOSPITALITY PT. XYZ DI ERA COVID-19. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Cover.pdf Download (409kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (926kB) |
Abstract
The development of industry 4.0 has made companies communicate with consumers through the use of social media. PT XYZ is an aircraft ground handling service company which has a subsidiary in the hospitality sector called VIP airport assistance hospitality. Based on these services, companies use social media to build a service image for consumers, especially in the Covid-19 pandemic era. The research tries to map social media and the types of social media used by VIP airport assistance hospitality services. Using qualitative research with the post positivism paradigm and analysis of the AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) model in the period March-August 2020. The results show that PT XYZ focuses more on the concept of "Interest" in utilizing communication with consumers. This is indicated by the communication pattern established by PT XYZ which is determined based on the suitability of the consumer's age and the characteristics of the social media. So that the social media that is considered according to the age segmentation chosen by PT XYZ are Instagram and Youtube. Keyword: Social Media, Image, AISAS Perkembangan industri 4.0 memudahkan perusahaan berkomunikasi dengan konsumen melalui pemanfaatan media sosial. PT XYZ adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa ground handling pesawat terbang yang memiliki salah satu lini usaha dibidang hospitality bernama VIP airport assistance hospitality. Melalui jasa layanan ini perusahaan tersebut memanfaatkan media sosial dalam membangun citra jasa layanan pada konsumen khususnya di era pandemic covid19. Tujuan penelitian ini adalah untuk memetakan media sosial dan jenis media sosial apa saja di era Covid-19 yang paling sesuai digunakan jasa layanan VIP airport assistance hospitality dalam pengelolaan media sosialnya sehingga dalam mempertahankan citra jasa layanan ini menjadikan sebuah standar kualitas perusahan yang sudah mapan dalam penerapan pemasaran ke ranah digital. Metodologi penelitian menggunakan paradigma post positivisme dengan pendekatan kualitatif. Paradigma post positivisme digunakan untuk melihat fenomena menurunnya jumlah pengguna jasa layanan VIP airport assistance hospitality yang terjadi pada pada tahun 2020 pada masa pandemik Covid-19. Dalam menjalankan strategi komunikasi, model AISAS sebagai acuan merancang pesan komunikasi di media sosial. Model AISAS digunakan sebagai dasar bagaimana penyampaian pesan di tahapan Attention, Interest, Search, Action, Share. Sebagai acuan merancang pesan komunikasi di media sosial (Twitter, Facebook, YouTube, Instagram) dalam periode 6 bulan (Maret-Agustus 2020). Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT XYZ memilih Instagram dan YouTube sebagai media sosial yang digunakan, dikarenakan peluang pasar yang besar dan popularitas tinggi, Hal ini menunjukkan bahwa citra perusahaan tersebut tergantung pada pengelolaan pesan untuk masing-masing media sosial yang digunakan oleh konsumen. Sehingga konten yang di posting pada setiap media sosial berbeda menyesuaikan dengan segmentasi umur dari penggunaan media sosial tersebut. Kata Kunci : Media Sosial, Citra, AISAS.
Actions (login required)
View Item |