PAHRADILA, TRI HENI (2020) EVENT MANAGEMENT SEBAGAI TOOLS MARKETING COMMUNICATION PT DELL INDONESIA DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT (Studi Kasus pada Event Dell Technologies Forum Surabaya 2019). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (612kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
||
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
||
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
Abstract
Currently event has become one of the marketing communication tools carried out by many companies that aims to bring the company closer to customers. In organizing, event certainly needed good management. Event management has several stages, which are planning and implementation. Each element in the event has its own form of getting engagement and requires different management as well. Therefore, it takes an organization that is experienced in helping the success of an event. The theory used in this study explains how the stages in organizing events, as well as the relationship between good event management and engagement between customers and companies. How an element or activity at an event can affect a change in the customer's attitude towards the company thus directing the customer to make decisions in accordance with the company's expected. This study uses a constructivist paradigm with a case study research type using qualitative research methods. The data collection technique uses primary data through indepth interviews with sources and secondary data in the form of literature study, observation and documentation. The technique of checking the validity of the data used triangulation of sources and data. The results of the study showed that the management of the event as tool of marketing communications through several phases of the implementation of the event. Activities in events that generate customer engagement such as conferences, exhibitions and breakout track.The result of the activity is increased customer engagement to the company which is seen from the customer's enthusiasm in participating in every activity in the event. Key words: Event management, integrated marketing communication, customer engagement. Saat ini event sudah menjadi salah satu alat komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh banyak pelaku pasar yang bertujuan untuk mendekatkan perusahaan dengan pelanggan. Salah satu cara untuk mengukur kesuksesan event yaitu dapat dilihat dari jumlah pengunjung. Dalam menyelenggarakan event tentunya dibutuhkan manajemen yang baik. Manajemen event memiliki beberapa tahapan yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Setiap elemen dalam event memiliki bentuk tersendiri dalam mendapatkan keterlibatan dan membutuhkan manajemen yang berbeda-beda pula. Oleh karena itu dibutuhkan organisasi yang berpengalaman dalam membantu kesuksesan suatu event. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menjelaskan bagaimana tahapantahapan dalam penyelenggaraan event, serta hubungan antara manajemen event yang baik terhadap engagement antara customer dengan perusahaan. Bagaimana suatu elemen atau aktivitas pada sebuah event dapat mempengaruhi perubahan sikap pelanggan terhadap perusahaan sehingga mengarahkan pelanggan untuk mengambil keputusan sesuai dengan yang diharapkan perusahaan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan tipe penelitian studi kasus menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer melalui wawancara mendalam kepada narasumber dan data sekunder dalam bentuk studi kepustakaan, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen event sebagai alat komunikasi pemasaran melalui beberapa tahapan penyelenggaraan event. Kegiatan-kegiatan dalam event yang menghasilkan keterlibatan pelanggan diantaranya yaitu konferensi, pameran dan kelas-kelas. Hasil yang didapatkan dari aktifitas tersebut yaitu peningkatan keterlibatan pelanggan kepada perusahaan yang dilihat dari antusiasme pelanggan dalam mengikuti setiap kegiatan yang ada di dalam event tersebut. Kata kunci: manajemen event, komunikasi pemasaran terpadu, keterlibatan pelanggan.
Actions (login required)
View Item |