FAUZY, AHMAD (2020) MANAJEMEN MEDIA SOSIAL LINTAS PLATFORM: STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS METRO TV DALAM MENCIPTAKAN EXTERNAL STAKEHOLDERS ENGAGEMENT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. SURAT PERNYATAAN ORIGINALITAS SKRIPSI.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (174kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
7. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
||
Text (BAB II)
8. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
||
Text (BAB III)
9. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
Text (BAB IV)
10. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (901kB) |
||
Text (BAB V)
11. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
Abstract
Selain menghadirkan kecepatan, aktualitas serta berita yang komperhensif dalammeningkatkan jumlah viewership, pekerjaan rumah yang juga dihadapi Metro TV dalam eradisrupsi adalah memupuk brand love, meningkatkan derajat kepercayaan, menjaga loyalitas danmembangun kedekatan personal antara perusahaan dengan external stakeholder melalui aktivitas cyber public relations (CPR) dengan pengintegrasian sejumlah platform media sosial, agar terciptainteraksi daring kredibel sehingga memiliki efek signifikan terhadap ekosistem bisnis. Untuk itupenelitian ini dibuat dengan tujuan mengetahui dan mendeskripsikan manajemen media sosial lintas platform yang dilakukan Metro TV dalam mengimplementasikan cyber public relations untuk menciptakan external stakeholders engagement. Sejumlah konsep dan teori yang menjadi refrensi dalam penelitian ini diantaranya: konsepcyber public relations, teori media baru, konsep engangement media sosial, external stakeholder relations, manajemen media sosial dan konsep implementasi startegi CPR. Sebagai bagian dari metodologi, penelitian ini menggunakan paradigma post positivistikdengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sementara itu data diperoleh melalui 2 cara yakni observasi dan proses wawancara mendalam yang melibatkan 3 orang informan. Hasil penelitian menujukan bahwa dalam realisasinya program cyber public relations MetroTV merupakan program kolaborasi bersama divisi digital promotion yang memanfaatkan integrasi 2 platform media sosial utama yakni Instagram dan Twitter untuk tujuan diseminasi publikasi, mitigasi krisis, edukasi, kampanye dan interaksi (engagement) dengan publik target. Tahapanmanajemen media sosial meliputi: praproduksi, produksi dan pasca-produksi. Produksi kontenyang relevan dan pelibatan internal key opinion leader (KOL) turut menjadi upaya untukmengaktivasi percakapan dalam ranah media sosial. Kata Kunci: Cyber Public Relations, External Stakeholders Engagement, Social Media
Actions (login required)
View Item |