PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM AKUN @EXPLOREMAJALENGKA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KHALAYAK MENGENAI DESTINASI WISATA MAJALENGKA TAHUN 2020

AMBARWATI, MILA MAULIDA (2020) PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM AKUN @EXPLOREMAJALENGKA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KHALAYAK MENGENAI DESTINASI WISATA MAJALENGKA TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1.COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3.LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4.LEMBAR PERSETUJUAN N PENGESAHAAN.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5.KATA PENGANTAR.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6.DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8.DAFTAR TABEL.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9.DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (BAB II)
11.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB III)
12.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB IV)
13.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text (BAB V)
14.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)

Abstract

Along with the development of technology, the mass media which has an important role in conveying information to the public are now starting to switch to using new media. This is marked by the emergence of the internet and social media whose use has made changes in all aspects of life, for example, business and marketing. In the tourism industry, the term destination brand is known which aims to market a tourist destination. The @Exploremajalengka account is one of the destination brands formed with the hope that the public can get to know the city of Majalengka better in terms of tourism through thousands of contents uploaded on their Instagram social media. This research was conducted to determine and explain to what extent the influence of social media exposure to Instagram account @Exploremajalengka on the level of public knowledge about Majalengka tourist destinations in 2020 using the Uses And Effects theory foundation. This study uses a positivistic paradigm with a quantitative approach. The research method used is a survey method with a questionnaire instrument. The results showed that the F test results obtained the calculated F value of 76.735 is greater than the F table 3,931. In the results of the T test, the value of T calculated was 8.760, which was greater than the value of the T table of 1.980. So from the two hypothesis tests, H0 is rejected, which means that there is a significant effect of media exposure on the level of public knowledge either simultaneously or partially. In the correlation test results, the two variables of this study are strong with a value of 0.648. While the coefficient of determination (R Square) obtained a value of 0.420, which means that media exposure contributed 42% to the variation in the level of public knowledge, while the remaining 58% was influenced by other factors outside of the variables studied. Keywords: Media Exposure, Knowledge Level, Destination Brand, Uses&Effects. Seiring dengan berkembangnya teknologi, media massa yang memiliki peranan penting dalam menyampaikan informasi kepada khalayak kini mulai beralih menggunakan media baru. Hal itu ditandai dengan munculnya internet dan media sosial yang penggunaannya telah memberikan perubahan di segala aspek kehidupan contohnya bisnis dan pemasaran. Dalam industri pariwisata dikenal istilah brand destinasi yang tujuannya untuk memasarkan sebuah destinasi wisata. Akun @Exploremajalengka merupakan salah satu brand destinasi yang dibentuk dengan harapan masyarakat bisa lebih mengenal kota Majalengka dari segi pariwisata melalui ribuan konten yang diunggah pada media sosial Instagram mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menjelaskan sejauh mana pengaruh antara terpaan media sosial Instagram akun @Exploremajalengka terhadap tingkat pengetahuan khalayak mengenai destinasi wisata Majalengka tahun 2020 dengan menggunakan landasan teori Uses And Effects. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan instrumen kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 76,735 lebih besar dari F tabel 3,931. Pada hasil uji T, T hitung diperoleh nilai 8,760 lebih besar dari nilai T tabel sebesar 1,980. Maka dari kedua uji hipotesis tersebut H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh signifikan dari terpaan media terhadap tingkat pengetahuan khalayak baik secara simultan maupun secara parsial. Pada hasil uji korelasi, kedua variabel penelitian ini adalah kuat dengan nilai sebesar 0,648. Sedangkan koefisien determinasi (R Square) diperoleh nilai 0,420 yang berarti terpaan media memberikan kontribusi pengaruh sebesar 42% terhadap variasi dalam tingkat pengetahuan khalayak, sedangkan sisanya sebesar 58% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar dari variabel yang diteliti. Kata Kunci: Terpaan Media, Tingkat Pengetahuan, Brand Destinasi, Uses&Effects.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 20 054
Call Number: SK/43/21/006
NIM/NIDN Creators: 44316110039
Uncontrolled Keywords: Terpaan Media, Tingkat Pengetahuan, Brand Destinasi, Uses&Effects.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Putra Arsy Anugrah
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:13
Last Modified: 15 Mar 2023 08:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51087

Actions (login required)

View Item View Item