STRATEGI PENYAMPAIAN PESAN KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)

ADYATMA, MUHAMMAD RIFQI FAUZAN (2021) STRATEGI PENYAMPAIAN PESAN KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 cover.pdf

Download (824kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Competition between large companies and small businesses such as Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) is unavoidable.MSME owners have a lack of knowledge, funding, and time that prevent them. Content marketing through social media TikTok is now an option. The purpose of this study is to determine the model of the strategy for delivering messages through social media TikTok carried out by MSME actors referring to the rhetorical communication theory. This research used a qualitative approach with a case study method and using an interpretive paradigm. Data collection by interviewing eight MSME owners who use TikTok as a tool of marketing. The results show that the content delivered is related to the target market, the way of delivering messages prioritized the quality of content and interaction, the intensity of uploads that were different for each MSME owners. The marketing communication message delivery model is carried out starting with a problem to increase awareness and sales, then formulating ideas, compiling content, to video production and uploads. Keywords: Message Delivery Strategy, Rhetorical Theory, MSMEs, Social Media, TikTok Persaingan antara perusahaan besar dengan bisnis kecil seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tidak dapat dihindari. Mengutip dari penelitian sebelumnya, Pelaku UMKM memiliki kekurangan pengetahuan, pendanaan dan waktu yang menghambat untuk melakukan komunikasi pemasaran. Pemasaran konten melalui media sosial TikTok saat ini menjadi pilihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model strategi penyampaian pesan melalui media sosial TikTok yang dilakukan oleh pelaku UMKM mengacu pada teori komunikasi retorika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan menggunakan paradigma interpretif. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai delapan pelaku UMKM yang menggunakan TikTok sebagai sarana komunikasi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan konten yang disampaikan berkaitan pada target pasar, cara penyampaian pesan mengutamakan kualitas konten dan interaksi, serta intensitas unggahan yang berbeda setiap pelaku UMKM. Model penyampaian pesan komunikasi pemasaran yang dilakukan yaitu diawali dari suatu masalah untuk meningkatkan awareness dan penjualan, lalu menyusun ide, menyusun konten, hingga produksi dan pengunggahan video. Kata Kunci: Strategi Penyampaian Pesan, Teori Retorika, UMKM, Media Sosial, TikTok

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55219110035
Uncontrolled Keywords: Strategi Penyampaian Pesan, Teori Retorika, UMKM, Media Sosial, TikTok
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi) > 302.232 Print Media/Media Tercetak
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:01
Last Modified: 11 Mar 2022 06:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50947

Actions (login required)

View Item View Item