ALI, NUR (2019) MEMINIMALISASI WASTE OF TIME PADA PROSES SERVIS PENGGANTIAN OLI DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAN SERVICE (Studi Kasus Pada Bengkel Toyota, Auto 2000 Puri Kembangan). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HALAMAN COVER)
01] COVER.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
04] ABSTRAK.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03] LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03] LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05] KATA PENGANTAR.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06] DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07] DAFTAR TABEL.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
08] DAFTAR GAMBAR.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09] DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (78kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
10] BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
||
Text (BAB 2)
11] BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
||
Text (BAB 3)
12] BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
||
Text (BAB 4)
13] BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB 5)
14] BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15] DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
16] LAMPIRAN.pdf Download (849kB) | Preview |
Abstract
Auto 2000 is one of the subsidiaries of PT. Astra International Tbk, which in engaged is sales and the after sales, for oil replacement services found waste that is waiting, motion and processing. In the current state mapping, it describes processing time and total lead time, than do a measure to determine the measurement of value added and non value added activities and identify the waste that occurs. By using the borda method we make weighting on the critical waste that has been found and then take measurements using a pareto diagram that aims to determine the activities that need to be improved. 5whys is a method used to perform root cause on critical waste that has been predetermined, then by using the 5S method (seiri, seiso, seiketstu, seiton, shitstuke) look for improvement ideas that are applied to future state stream mapping. The ideas of improvement is to eliminate some activities and combine two activities into one, with the result oflowering down total lead time by 24.95% and increasing PCE value from 28,73% to 44,65%. Keywords: waste of time, value stream mapping, 5whys, 5S, lean service Auto 2000 merupakan salah satu anak perusahaan PT. Astra International Tbk yang bergerak pada bidang sales dan after sales, untuk pelayanan servis penggantian oli ditemukan waste yang teridentifikasi menggunakan value stream mapping, waste tersebut adalah waiting, motion, dan processing. Pada current state mapping didalamnya menggambarkan tentang processing time dan total lead time, lalu melakukan perhitungan menentukan pengukuran aktifitas value added dan non value added serta mengidentifiksi waste yang terjadi. Dengan menggunakan metode borda kita melakukan pembobotan pada waste kritis yang telah ditemukan lalu melakukan pengukuran dengan menggunakan diagram paretoyang bertujuan untuk menentukan aktifitas yang perlu diperbaiki. 5whys merupakan metode yang digunakan untuk melakukan rootcause terhadap waste kritis telah ditentukan sebelumnya, kemudian dengan menggunakan metode 5S (seiri, seiso, seiketstu, seiton, dan shitstuke) dilakukan pencarian ide perbaikan yang diterapkan pada future state value stream mapping. Ide perbaikan yang dilakukan adalah dengan menghilangkan beberapa aktifitas dan menggambungkan dua aktifitas menjadi satu, dengan hasil perubahan menurunkan total lead time sebesar 24,95% dan meningkatnya nilai PCE dari 28,73% menjadi 44,65%. Kata kunci: waste of time, value stream mapping, 5whys, 5S, lean service
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 43112120127 |
Uncontrolled Keywords: | waste of time, value stream mapping, 5whys, 5S, lean service |
Subjects: | 400 Language/Bahasa > 400. Language/Bahasa > 406 Organizations and management/Organisasi dan Manajemen 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 04:56 |
Last Modified: | 21 Nov 2021 12:58 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50190 |
Actions (login required)
View Item |