PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @ABOUTTNG SEBAGAI MEDIA INFORMASI MASYARAKAT TANGERANG

DESVIANI, CHINTYA (2020) PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @ABOUTTNG SEBAGAI MEDIA INFORMASI MASYARAKAT TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
8. Daftar Lampiran.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

The development of Information and Communication Technology has made the number of internet users increase, including in Indonesia. Apart from Facebook and Twitter, a very popular and fast-growing medium is Instagram. This study aims to find out how to manage Instagram social media, especially on the user or @Abouttng account as the Tangerang society's information media. This study uses the concept of a new media theory developed by Pierre Levy. This research uses a qualitative approach with descriptive research type. The subject of this research is the Instagram @Abouttng Social Media Manager, the AboutTNG Community. There are 4 informants in this study, one of whom is Tangerang City Government and 3 others are active users of Instagram. Data collection in this research was obtained through in-depth interviews and literature study and study of reference books relating to research problems. The results of this study indicate that the AboutTNG community manages the social media Instagram @Abouttng as a Tangerang community information medium to facilitate the public in receiving information about the city of Tangerang. Keyword: Media Social, Information, Instagram Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi membuat jumlah pengguna internet semakin meningkat, termasuk di Indonesia. Selain Facebook dan Twitter, media yang sangat populer dan tumbuh dengan cepat adalah Instagram. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengelolaan media sosial Instagram khususnya pada user atau account @Abouttng sebagai media informasi masyarakat Tangerang. Penelitian ini menggunakan konsep teori media baru yang dikembangkan oleh Pierre Levy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deksriptif. Subjek pada penelitian ini adalah Pengelola Media Sosial Instagram @Abouttng yaitu Komunitas AboutTNG. Informan pada penelitian ini berjumlah 4 orang yang mana 1 diantaranya adalah pemerintah Kota Tangerang dan 3 lainnya adalah pengguna aktif Instagram. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dan studi kepustakaan dan mempelajari buku-buku referensi yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa komunitas AboutTNG mengelola media sosial Instagram @Abouttng sebagai media informasi masyarakat Tangerang untuk memudahkan masyarakat dalam menerima informasi tentang kota Tangerang. Kunci: Media Sosial, Instagram, Informasi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 20 122
NIM/NIDN Creators: 44215110042
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram, Informasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi) > 302.232 Print Media/Media Tercetak
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:02
Last Modified: 24 Mar 2023 06:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/49845

Actions (login required)

View Item View Item