PEMANFAATAN MEDIA ONLINE KEMENTERIAN PERHUBUNGAN REPUBLIK INDONESIA SEBAGAI WAHANA KOMUNIKASI PUBLIK (Studi Kasus Transportasi Ojek Online Grab di Tangerang Pasca Permenhub No : 32 Tahun 2016)

SAMOSIR, ANGELINA ANITA (2019) PEMANFAATAN MEDIA ONLINE KEMENTERIAN PERHUBUNGAN REPUBLIK INDONESIA SEBAGAI WAHANA KOMUNIKASI PUBLIK (Studi Kasus Transportasi Ojek Online Grab di Tangerang Pasca Permenhub No : 32 Tahun 2016). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
03.ABSTRAK.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02.LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI, TANDA LULUS SIDANG & PENGESAHAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
04.KATA PENGANTAR.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
05.DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
07.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB II)
08.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB III)
09.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (BAB IV)
10.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text (BAB V)
11.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)

Abstract

Era Globalisasi membuat perubahan di dalam publik menjadi berkembang dan tak lepas akan adanya internet. Media online yang berlandaskan internet lebih mudah dimanfaatkan oleh publik untuk mengakses beberapa berita dan informasi. Media online di Kementerian Perhubungan Republik Indonesia berperan sebagai penerapan fungsi komunikasi dan menjadi suatu prioritas utama sebagai wahana komunikasi publik dalam menginformasikan kegiatan internal dan eksternal tersebut hingga mensosialisasikan peraturan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengetahui proses komunikasi di media online yang dimanfaatkan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia sebagai wahana komunikasi publik dalam menginformasikan berita kepada publik pasca terjadinya kasus transportasi ojek online Grab di Tangerang dan diterbitkannya permenhub no : 32 tahun 2016 pada 1 April 2017. Media online yang dimanfaatkan tersebut apakah sudah tersosialisasikan dengan baik sehingga publik dapat mematuhi sesuai aturan yang diberlakukan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia hingga permasalahan yang terjadi baik komentar, kritik dan saran yang datang dari publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus untuk mengetahui pemanfaatan media online yang digunakan di Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara mendalam kepada beberapa narasumber hingga observasi terhadap web dan media sosial resmi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi yang dilakukan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dengan memanfaatkan beberapa media online adalah dengan mengidentifikasikan beberapa komentar, kritik dan saran dari publik sehingga dapat terisolasi dengan baik dan mengelola permasalahan dengan jawaban bersama dalam internal dan eksternal sebelum diberikan kepada publik melalui media.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number: SK/42/18/096
NIM: 44212120099
Uncontrolled Keywords: PEMANFAATAN MEDIA ONLINE KEMENTERIAN PERHUBUNGAN REPUBLIK INDONESIA SEBAGAI WAHANA KOMUNIKASI PUBLIK (Studi Kasus Transportasi Ojek Online Grab di Tangerang Pasca Permenhub No : 32 Tahun 2016)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.65 Computer Communications Networks/Jaringan Komunikasi Komputer
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.6 Communication Psychology/Psikologi Komunikasi > 153.69 Nonverbal Communication/Komunikasi Nonverbal
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 28 Feb 2019 02:46
Last Modified: 28 Feb 2019 02:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/47348

Actions (login required)

View Item View Item