PENGARUH KOMPETENSI KOMUNIKASI CUSTOMER SERVICE TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN CUSTOMER PADA PROSEDUR KLAIM ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR DI PT PAN PACIFIC INSURANCE CABANG JAKARTA SELATAN

MERIYANA, DWI (2018) PENGARUH KOMPETENSI KOMUNIKASI CUSTOMER SERVICE TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN CUSTOMER PADA PROSEDUR KLAIM ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR DI PT PAN PACIFIC INSURANCE CABANG JAKARTA SELATAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
03.ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02.LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI, TANDA LULUS SIDANG SKRISPI _ PENGESAHAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
04.KATA PENGANTAR.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
05.DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
06.DAFTAR TABEL.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
07.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (BAB II)
08.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB III)
09.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text (BAB IV)
10.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB V)
11.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Persaingan dunia asuransi saat ini semakin ketat, Perusahaan asuransi di seluruh Indonesia dituntut untuk dapat bersaing secara baik. Dalam hal tersebut PT Pan Pacific Insurance mengedepankan performa pada bagian klaim. Bagian klaim yang berhadapan langsung dengan customer adalah seorang customer service. Tugas seorang customer service dituntut untuk melayani, mengatasi keluhan customer, memberikan informasi yang dibutuhkan oleh customer, serta memberikan pemahaman kepada customer mengenai prosedur klaim asuransi kendaraan bermotor. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan konsep kompetensi komunikasi menurut Brian Spitzberg dan William Cupach yang menjelaskan tiga komponen kompetensi komunikasi, yaitu pengetahuan, keterampilan dan motivasi. Sedangkan untuk tingkat pemahaman menurut Siewart L. Tubbs & Sylvia Moss, Pemahaman adalah penerimaan yang cermat atas isi pesan yang disampaikan oleh komunikator untuk mengubah sikap pada komunikan. Terjadinya pemahaman menghasilkan suatu situasi dimana komunikator dan komunikan memiliki persamaan persepsi. Tipe penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah Eksplanatif. Metode penelitian yang dipilih menggunakan metode survey dengan penyebaran kuesioner kepada responden, yaitu customer PT Pan Pacific Insurance cabang Jakarta Selatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Dari hasil data yang telah dilakukan menunjukan bahwa variabel kompetensi komunikasi customer service secara keseluruhan menghasilkan respon positif yang dibuktikan melalui nilai koefisien korelasi sebesar 0,730, angka ini menunjukan hubungan yang kuat antara kompetensi komunikasi customer service dengan tingkat pemahaman customer, artinya jika Kompetensi Komunikasi customer service nya meningkat maka Tingkat Pemahaman customer tentu bertambah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kompetensi komunikasi customer service berpengaruh terhadap tingkat pemahaman customer di PT Pan Pacific Insurance cabang Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 18 121
NIM/NIDN Creators: 44213120026
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.6 Communication Psychology/Psikologi Komunikasi > 153.69 Nonverbal Communication/Komunikasi Nonverbal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 360 Social Problems and Services/Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 368 Insurance/Asuransi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
800 Literatures/Kesusastraan > 800. Literatures/Kesusastraan > 801 Philosophy and Theory of Literatures/Filsafat dan Teori Kesusastraan > 801.3 Value, Influence, Effect/Nilai, Pengaruh, Efek
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Alnisa Hardiyanti
Date Deposited: 03 Aug 2018 04:11
Last Modified: 15 Feb 2022 03:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43942

Actions (login required)

View Item View Item