MITOLOGI HEBAT DALAM IKLAN SUSU SGM EKSPLOR VERSI BERDUA JADI HEBAT (Analisis Semiotika Terhadap Iklan TVC Susu SGM Eksplor Versi "Berdua Jadi Hebat")

FARADINA, ERLITA DEBBIE (2018) MITOLOGI HEBAT DALAM IKLAN SUSU SGM EKSPLOR VERSI BERDUA JADI HEBAT (Analisis Semiotika Terhadap Iklan TVC Susu SGM Eksplor Versi "Berdua Jadi Hebat"). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. Surat Pernyataan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
06. Lembar Pengesahan Perbaikan.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
07. Kata Pengantar.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
08. Daftar Isi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
09. Daftar Tabel.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
10. Daftar Gambar.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
12. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
13. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
14. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
15. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. CV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

Salah satu produk yang sangat gencar intensitas kemunculan iklannya di media televisi adalah susu formula, dan yang masih aktif mengiklankan diri dan mampu bertahan sampai sekarang tetap dikenal masyarakat adalah susu formula SGM (Susu Gula Minyak). Dalam penelitian ini, subjek penelitian yang diambil adalah iklan susu SGM Eksplor versi “berdua jadi hebat”. SGM merupakan produk susu formula bayi yang diproduksi oleh PT. Sari Husada Tbk,. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes yakni suatu metode yang dikenal dengan kedalamannya dalam menganalisa tanda-tanda, simbolsimbol, dari tahap denotasi menjadi konotasi lalu dianalisa menurut mitos yang berkembang dimasyarakat sekitar dalam iklan susu SGM Eksplor versi “berdua jadi hebat”. Penelitian ini berfokus pada visual dan audio dari iklan susu SGM Eksplor versi “berdua jadi hebat”. Penelitian ini untuk mengetahui penanda dan petanda kategori hebat, makna pada iklan, mitos hebat dalam iklan susu SGM Eksplor versi “berdua jadi hebat”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Roland Barthes di mana Barthes menganalisis iklan berdasarkan pesan yang dikandungnya, bagaimana memaknai sebuah pesan iklan sebagai suatu bentuk komunikasi.Barthes menjelaskan dua tingkat dalam pertandaan yaitu denotasi (denotation) dan konotasi (connotation). Melalui penelitian ini ditemukan bahwa dalam Mitos “hebat” dalam “berdua jadi hebat” adalah suatu penggambaran dari makna yang dimanfaatkan pembuat iklan untuk mendapatkan keuntungan dari produk.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 18 040
NIM: 44312120028
Uncontrolled Keywords: MITOLOGI, IKLAN SUSU SGM EKSPLOR VERSI BERDUA JADI HEBAT
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 17 May 2018 01:49
Last Modified: 02 Oct 2018 07:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/42718

Actions (login required)

View Item View Item