STRATEGI KOMUNIKASI CHANGE AGENT DEPARTEMEN PENGEMBANGAN UMKM BANK INDONESIA DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA KERJA

SHAHRIR, ANDI (2018) STRATEGI KOMUNIKASI CHANGE AGENT DEPARTEMEN PENGEMBANGAN UMKM BANK INDONESIA DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA KERJA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1_Cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_Abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
4_Kata Pengantar.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Other (LEMBAR PENGESAHAN)
2_Lembar Pengesahan.PDF

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
5_Daftar isi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
6_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB II)
7_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB III)
8_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (BAB IV)
9_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text (BAB V)
10 _BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam usaha mencapai visi organisasi Bank Indonesia untuk menjadi lembaga bank sentral yang kredibel dan terbaik di regional melalui penguatan nilai-nilai strategis yang dimiliki serta pencapaian inflasi yang rendah dan nilai tukar yang stabil, BI melakukan perubahan budaya kerja pada setiap karyawan yang berada pada departemen-departemen yang ada dan salah satunya adalah Departemen Pengembangan UMKM (DPUM) untuk melakukan sebuah kegiatan yang diberi nama Change Program. DPUM sendiri memiliki visi 2024 untuk menjadi satuan kerja yang kompeten dan dipercaya dalam peningkatan akses keuangan dan jangkauan UMKM terhadap jasa keuangan serta dalam pengembangan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Strategi komunikasi yang dilakukan Change Agent Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia dengan menggunakan landasan teori Strategi Komunikasi serta tahapan-tahapan yang ada didalam strategi komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi yang dilakukan oleh Change Agent Departemen Pengembangan UMKM dalam penyampaian pesan mengenai Change Program sehingga dapat membantu perubahan budaya kerja yang lebih baik dan efektif. Dengan demikian, peneliti mampu memperoleh gambaran mengenai strategi komunikasi yang dilakukan oleh Change Agent. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam penyampaian change program masih terdapat kekurangan dalam sumber daya manusia dan sulitnya penyampaian pesan karena terdapat latar belakang dan pendidikan yang berbeda pada setiap pegawai Departemen Pengembangan UMKM. Untuk mengatasi masalah yang ada change agent harus melakukan pengenalan khalayak, penyusunan pesan, penetapan metode dan pemilihan media

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 18 060
NIM: 44210120097
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI, CHANGE AGENT DEPARTEMEN PENGEMBANGAN, UMKM, BANK INDONESIA, BUDAYA KERJA
Subjects: 200 Religion/Agama > 290 Other Religions/Agama Selain Kristen > 297 Agama Islam/Islam > 297.4 Islamic law/Hukum Islam > 297.43 Muamalat/Muamalat > 297.433 Lease, Borrow-borrow, Labor, Bank, Usury, Insurance/Sewa-menyewa; Pinjam-meminjam; Perburuhan; Bank; Riba; Asuransi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.2 Specialized Banking Institutions/Institusi Perbankan Khusus
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 334 Cooperative/Koperasi, Sistem Perkoperasian > 334.2 Banking and Credit Cooperatives/Koperasi Perbankan dan Kredit
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:59
Last Modified: 02 Oct 2018 06:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40995

Actions (login required)

View Item View Item