SEMBODHO, BIMO SAWUNG (2024) AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN SMA KARTIKA X-1 JAKARTA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENARIK MINAT PESERTA DIDIK BARU. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
||
Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
||
Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
||
Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
||
Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
Abstract
Communication is an activity carried out by every society in every line or field of life. The importance of communication for humans and organizations cannot be denied. Through communication, people can connect and exchange ideas with each other in daily life wherever humans are. There is no human being who is not involved in communication, because basically, humans are social creatures who need others to fulfill or meet their life needs, and in the process, communication is necessary. In the field of education, communication activities also take place, primarily between educators or teachers and students or pupils. However, in the field of education, communication also occurs in conveying information about the school to the community outside the school, such as in marketing communication activities conducted by schools to promote their institutions to attract the community's interest to enroll and join the school. This is exemplified by one private school in South Jakarta, namely SMA Kartika X-1 Jakarta. This research uses a constructivist paradigm with a qualitative research approach. In this study, data were collected through interviews with the principal and the New Student Admission Committee (PPDB) of SMA Kartika X-1 Jakarta. The research results obtained by the researcher show that SMA Kartika X-1 Jakarta has a marketing communication actifity using a promotional mix, such as advertising, promotions, and public relations with various tools, one of which is using Instagram social media to attract potential new students to enroll and join SMA Kartika X-1 Jakarta. The Instagram social media used is considered to facilitate the dissemination of information about the school and is also used as a medium for two-way communication with the community, conducted by the public relations team of SMA Kartika X-1 Jakarta. Keywords: Marketing communication, promotion mix, new student admissions, social media, Instagram. Komunikasi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh setiap masyarakat di setiap lini atau bidang kehidupan. Pentingnya komunikasi tidak dapat dipungkiri bagi manusia dan bagi organisasi. Dalam dunia Pendidikan kegiatan komunikasi juga dilakukan, yang utama adalah komunikasi yang dilakukan antara pendidik atau guru dengan peserta didik atau murid. Namun, selain itu dalam dunia Pendidikan komunikasi juga terjadi, misalnya dalam hal kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan sekolah untuk mempromosikan sekolahnya agar menarik minat bagi masyarakat untuk mendaftar dan masuk ke sekolah tersebut, seperti yang dilakukan oleh salah satu sekolah swasta yang ada di Jakarta Selatan, yaitu SMA Kartika X-1 Jakarta. Penelitian ini berfokus pada mengapa memilih media sosial Instagram sebagai sarana komunikasi pemasaran SMA Kartika X-1 Jakarta dalam menarik minat peserta didik baru, dan bagaimanakah aktifitas komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram yang dilakukan oleh SMA Kartika X-1 Jakarta dalam menarik minat peserta didik baru Penelitian ini menggunakan menggunakan paradigma konstruktivisme, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Pada penelitian ini data dikumpulkan dengan melakukan wawancara dengan kepala sekolah dan juga dengan Panitia Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Kartika X-1 Jakarta. Hasil Penelitian yang diperoleh oleh peneliti bahwa SMA Kartika X-1 Jakarta mempunyai aktifitas Komunikasi Pemasaran dengan menggunakan bauran promosi seperti melakukan iklan, promosi, public relations dengan berbagai alat, yang salah satunya dengan menggunakan media social Instagram untuk menarik minat calon peserta didik baru agar mendaftar dan bergabung dengan SMA Kartika X-1 Jakarta. Media social Instagram yang digunakan dianggap memudahkan dalam menyebarkan informasi mengenai sekolah, dan juga digunakan sebagai media untuk berkomunikasi dua arah dengan masyarakat yang dilakukan oleh tim Humas yang dimiliki oleh SMA Kartika X-1 Jakarta, aktifitas komunikasi pemasaran yang digunakan oleh SMA Kartika X-1 Jakarta berhasil menarik peserta didik baru untuk mendaftar ke sekolah tersebut. Kata kunci : Komunikasi pemasaran, Bauran promosi, Penerimaan peserta didik baru, media social, Instagram.
Actions (login required)
View Item |