DARNILA, NISRINA (2024) ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN KITA BISA MELALUI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DENGAN MITRA PERUSAHAAN PERIODE 2020-2023. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (485kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
||
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
||
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) |
Abstract
In Indonesia, the presence of the Kitabisa online and fundraising site originated from the spirit of “gotong royong” that flows in Indonesian society. The development of technology and the internet has in fact contributed to making it easier for Indonesians to maintain the spirit of “gotong royong” through sharing with others. This phenomenon has made Kitabisa.com the most popular online fundraising and donation platform in Indonesia. Managing a large amount of public funds, Kitabisa must build public trust appropriately so that people continue to be willing to use Kitabisa as the main platform for sharing. Through the social media Instagram @kitabisacom has its own strategy to increase public trust such as the community to partners or large companies in Indonesia. This research was conducted to find out what kind of marketing strategy has been carried out by Kitabisa in increasing the number of company partners who are interested in working with Kitabisa. The more partners or companies that work with Kitabisa, the more people are moved and believe in using Kitabisa. Researchers use marketing communication theory in the form of marketing mix. The method used in this research is qualitative description. The study will focus on assessing the activities and application of the marketing mix through the social media Instagram. In addition, this research uses the post-positivism paradigm. The results of this study prove that the application of the marketing mix through Instagram social media is successful in increasing the number of partners or companies interested in collaborating with Kitabisa so the number of partners continues to grow from year to year. Keywords: Marketing Communication, Marketing Mix, Marketing Communication Strategy, Social Media, Instagram Di Indonesia, kehadiran situs penggalangan dana dan donasi online Kitabisa berawal dari semangat gotong royong yang mengalir di masyarakat Indonesia. Perkembangan teknologi dan internet nyatanya turut memudahkan masyarakat Indonesia dalam menjaga semangat gotong royong melalui berbagi kepada sesama. Fenomena ini menjadikan Kitabisa.com sebagai platform penggalangan dana dan donasi online terpopuler di Indonesia. Mengelola dana masyarakat dalam jumlah besar membuat Kitabisa harus membangun kepercayaan masyarakat dengan baik agar masyarakat tetap bersedia menggunakan Kitabisa sebagai platform utama untuk berbagi. Melalui media sosial Instagram @kitabisacom mempunyai strategi tersendiri untuk meningkatkan kepercayaan publik seperti masyarakat, mitra atau perusahaan besar di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran seperti apa yang dilakukan Kitabisa dalam meningkatkan jumlah mitra perusahaan yang berminat bekerja sama dengan Kitabisa. Semakin banyak partner atau perusahaan yang bekerja sama dengan Kitabisa, maka semakin banyak masyarakat yang tergerak dan percaya untuk menggunakan Kitabisa. Peneliti menggunakan teori komunikasi pemasaran dalam bentuk bauran pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Penelitian akan fokus pada penilaian aktivitas dan penerapan bauran pemasaran melalui media sosial Instagram. Selain itu, penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan bauran pemasaran melalui media sosial Instagram berhasil meningkatkan jumlah mitra atau perusahaan yang berminat menjalin kerjasama dengan Kitabisa sehingga jumlah mitra terus bertambah dari tahun ke tahun. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Strategi Komunikasi pemasaran, Media sosial, Instagram
Actions (login required)
View Item |